PENDAHULUAN
Penyelenggaraan pendidikan sebagaimana
yang diamanatkan dalam Undang-Undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional diharapkan dapat
mewujudkan proses berkembangnya kualitas pribadi peserta didik sebagai generasi
penerus bangsa di masa depan, yang diyakini akan menjadi faktor determinan bagi
tumbuh kembangnya bangsa dan negara Indonesia sepanjang zaman. SMP Negeri 2
Kepil sebagai penyelenggara pendidikan berusaha untuk mewujudkan proses
tersebut sehingga menghasilkan peserta didik yang berkualitas yang bisa
diharapkan untuk bisa membangun dan bertanggung jawab atas kemajuan bangsa dan
Negara di segala bidang.
Personil Guru dan Karyawan SMP N 2 Kepil:
Guru PNS : 24 orang
Guru Honorer :
3 orang
TU PNS : 3 orang
Pelaksana Honorer : 3 orang
NO
|
NAMA
|
STATUS
|
GOL
|
JABATAN
|
MATA PELAJARAN
|
1
|
Hadi
Wiyono, S.H.,M.Pd
|
PNS
|
IV/a
|
Guru
|
B.Inggris
|
2
|
Satiyun, S.Pd
|
PNS
|
IV/a
|
Guru
|
IPA
|
3
|
Ruti
Sumarni, M.Pd
|
PNS
|
IV/a
|
Guru
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
Ismain, S.Pd
|
PNS
|
IV/b
|
Guru
|
Matematika
|
5
|
Sukarna, S.Pd
|
PNS
|
IV/a
|
Guru
|
PJOK
|
6
|
Prihatin
H, M.Pd
|
PNS
|
IV/a
|
Guru
|
IPA
|
7
|
M.Abdul
Latif, M.Pd
|
PNS
|
IV/a
|
Guru
|
BK
|
8
|
Edi
Wineto, S.Pd
|
PNS
|
IV/a
|
Guru
|
Bahasa Inggris
|
9
|
Widodo, S.Pd
|
PNS
|
IV/a
|
Guru
|
Bahasa Jawa
|
10
|
M.I
Isti Supriyanti, S.Pd
|
PNS
|
IV/a
|
Guru
|
PPKn
|
11
|
Yani
Widayati, M.Pd
|
PNS
|
IV/a
|
Guru
|
Bahasa Inggris
|
12
|
Rini
Utami, S.Pd
|
PNS
|
IV/a
|
Guru
|
IPA
|
13
|
Dra.
Ratna Yuli S
|
PNS
|
III/d
|
Guru
|
Matematika
|
14
|
M.
Bagus Panuntun, S.Pd
|
PNS
|
III/c
|
Guru
|
Matematika
|
15
|
M.Abdullah, S.Pd
|
PNS
|
III/c
|
Guru
|
IPS
|
16
|
Sayekti
Laras S, S.Pd
|
PNS
|
III/c
|
Guru
|
Bahasa Indonesia
|
17
|
Aris
Winarna, S.Pd
|
PNS
|
II/d
|
Guru
|
Seni Budaya
|
18
|
Maryanto,
S.Kom
|
PNS
|
III/b
|
Guru
|
TIK
|
19
|
M.Fauzi,
S.Ag
|
PNS
|
III/b
|
Guru
|
PAI
|
20
|
Zulaekho
Wahyu Utami, S.Pd
|
PNS
|
III/b
|
Guru
|
IPA
|
21
|
Ngaidatul
Fitriyah, S.Ag
|
PNS
|
III/a
|
Guru
|
PAI
|
22
|
Irwan
Susetyo Putro, S.Pd
|
PNS
|
III/b
|
Guru
|
IPS
|
23
|
Dwi
Karyanto, S.Pd
|
PNS
|
III/b
|
Guru
|
Bahasa Indonesia
|
24
|
Sri
Hartati
|
Honorer
|
-
|
Guru
|
IPS
|
25
|
Linda
Lusi Rani, S.Pd
|
Honorer
|
-
|
Guru
|
PPKn
|
26
|
Ari
Purwantyo, M.Or
|
Honorer
|
-
|
Guru
|
PJOK
|
27
|
Sri
Supami, S.Pd
|
PNS
|
III/d
|
KTU
|
-
|
28
|
Suronto
|
PNS
|
III/d
|
TU
|
-
|
29
|
Mumfasikhah
|
PNS
|
II/C
|
TU
|
-
|
30
|
Khusaenudin
|
Honorer
|
-
|
Pelaksana
|
-
|
31
|
Siti
Kurotin
|
Honorer
|
-
|
Pelaksana
|
-
|
32
|
Suratno
|
Honorer
|
-
|
Pelaksana
|
-
|
BAB
II
TUJUAN
PENDIDIKAN NASIONAL DAN PENDIDIKAN DASAR
VISI,
MISI DAN TUJUAN
A.
Visi
Sekolah
Visi
adalah cita-cita bersama pada masa mendatang dari warga satuan pendidikan, yang
dirumuskan berdasarkan masukan dari seluruh warga satuan pendidikan.
SMP Negeri 2 Kepil mempunyai visi sebagai berikut :
“
TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG RELIGIUS, BERAKHLAK MULIA, CERDAS,
TERAMPIL, BERPRESTASI DAN PEDULI LINGKUNGAN“
BAB
III
MUATAN
KURIKULUM/ KURIKULER
A. Muatan Nasional
1.
Struktur
Kurikulum
Struktur
Kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran,
posisi konten / mata pelajaran dalam kurikulum,
distribusi konten / mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban
belajar untuk mata pelajaran dan beban belajar per minggu untuk setiap peserta
didik. Struktur kurikulum adalah juga merupakan aplikasi konsep
pengorganisasian konten dalam sistem belajar dan pengorganisasian beban belajar
dalam sistem pembelajaran. Pengorganisasian konten dalam sistem belajar yang
digunakan untuk kurikulum yang akan datang adalah sistem semester sedangkan
pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran berdasarkan jam
pelajaran per semester.
a.
Mata
Pelajaran
Struktur kurikulum SMP / MTs adalah sebagai berikut :
Tabel 2: Struktur Kurikulum SMP/MTs
MATA
PELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU PER MINGGU
|
|||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
Kelompok A (Umum)
|
||||
1.
|
Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
3
|
3
|
3
|
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
6
|
6
|
6
|
4.
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
5.
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
5
|
5
|
5
|
6.
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
7.
|
Bahasa
Inggris
|
4
|
4
|
4
|
Kelompok B (Umum)
|
||||
1.
|
Seni
Budaya
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
3
|
3
|
3
|
3.
4.
|
Prakarya dan/atau
Informatika
Bahasa Jawa
|
2
2
|
2
2
|
2
2
|
Jumlah
jam pelajaran per minggu
|
40
|
40
|
40
|
B.
Muatan Kurikulum Lokal
Muatan kurikum
pada tingkat daerah yang dimuat dalam kurikulum sekolah terdiri atas
sejumlah bahan kajian dan pelajaran dan / atau mata pelajaran muatan lokal yang
ditentukan oleh daerah yang bersangkutan. Penetapan muatan lokal didasarkan
pada kebutuhan dan kondisi setiap daerah, baik untuk provinsi maupun kabupaten
/ kota.
Muatan lokal SMP Negeri 2 Kepil:
a.
Jenis
:
Bahasa
Jawa
C. Bimbingan
Konseling
Tujuan Bimbingan Konseling :
1)
Tujuan
umum, membantu peserta didik
mencapai
kematangan dan kemandirian dalam kehidupannya serta menjalankan tugas-tugas perkembangannya yang mencakup
aspek pribadi, sosial, belajar, karir secara utuh dan optimal.
2) Tujuan Khusus, membantu peserta didik
a) Memahami dan menerima diri dan lingkungannya.
b) Merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir dan kehidupannya di masa yang akan datang.
c)
Mengembangkan potensinya seoptimal mungkin.
d)
Menyesuaikan
diri dengan lingkungannya.
e)
Mengatasi
hambatan atau kesulitan yang dihadapi dalam kehidupannya.
f) Mengaktualiasikan
dirinya secara bertanggung jawab.
D.
Teknologi
Informasi dan Komunikasi
Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi yang
selanjutnya disingkat Guru TIK
dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi yang selanjutnya
disingkat Guru KKPI adalah guru yang memiliki kualifikasi akademik Sl/D-IV
bidang teknologi informasi atau sejenisnya yang telah memiliki sertifikat
pendidik bidang Teknologi Informasi atau Komunikasi/Keterampilan Komputerdan
Pengelolaan Informasi.
Guru TIK dan guru KKPI dalam pelaksanaan kurikulum difungsikan menjadi Guru TIK.
E. Kegiatan Ekstrakurikuler
Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2
Kepil :
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Pramuka
|
Sabtu ( setelah KBM )
|
Wajib untuk semua peserta didik kelas VII, VIII, dan IX
|
2.
|
PMR
|
Selasa
|
Dipilih peserta didik
|
3.
|
SBA
|
Selasa
|
Dipilih peserta didik
|
4.
|
KIR
|
Rabu
|
Peserta dipilih oleh pembimbing.
|
5.
|
Bimbingan lomba / olimpiade IPA, IPS, Matematika, dan Bahasa Inggris.
|
Senin, insidental
|
Peserta dipilih oleh pembimbing.
|
6.
|
Group Band
|
Sabtu
|
Dipilih peserta didik
|
7.
|
Sepak bola
|
Rabu
|
Dipilih peserta didik
|
8.
|
Bola voly
|
Kamis
|
Dipilih peserta didik
|
9.
|
Bulutangkis
|
Selasa
|
Dipilih peserta didik
|
Kategori
|
Keterangan
|
A
B
C
D
|
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
|
F.
Ketuntasan
Belajar
Ketuntasan
Belajar terdiri atas ketuntasan penguasaan substansi dan ketuntasan belajar
dalam konteks kurun waktu belajar. Ketuntasan penguasaan substansi yaitu
ketuntasan belajar KD yang merupakan tingkat penguasaan peserta didik atas KD
tertentu pada tingkat penguasaan minimal atau di atasnya, sedangkan ketuntasan
belajar dalam konteks kurun waktu belajar terdiri atas ketuntasan dalam setiap
semester, setiap tahun ajaran, dan tingkat satuan pendidikan.
Tabel Predikat nilai klas VII
Interval
|
Predikat
|
Keterangan
|
89-100
|
A
|
Sangat
Baik (SB)
|
78-88
|
B
|
Baik
(B)
|
67-77
|
C
|
Cukup
(C)
|
<
67
|
D
|
Kurang
(D)
|
G.
KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Satuan Pendidikan
KKM SMP Negeri 2 Kepil adalah sebagai berikut
:
MATA
PELAJARAN
|
KKM / KELAS
|
||||
VII
|
VIII
|
IX
|
|||
Kelompok A (Umum)
|
|||||
1.
|
Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti
|
70
|
73
|
75
|
|
2.
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
|
70
|
73
|
75
|
|
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
70
|
73
|
75
|
|
4.
|
Matematika
|
68
|
72
|
73
|
|
5.
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
68
|
71
|
74
|
|
6.
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
70
|
73
|
74
|
|
7.
|
Bahasa
Inggris
|
68
|
70
|
73
|
|
Kelompok B (Umum)
|
|||||
1.
|
Seni
Budaya
|
73
|
75
|
76
|
|
2.
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
70
|
73
|
75
|
|
3.
|
Prakarya dan/atau
Informatika
|
70
|
73
|
74
|
|
4.
|
Bahasa Jawa
|
70
|
72
|
74
|
|
Kegiatan Ekstrakurikuler
|
B
|
B
|
B
|
||
KKM SEKOLAH DITENTUKAN MENGGUNAKAN KKM MAPEL TERENDAH
|
68
|
70
|
73
|
· TUGAS
PENGENALAN KURUKULUM (KERJAKAN DENGAN MENGGUNAKAN KERTAS FOLIO ATAU YANG
LAINNYA)
1.
BUATLAH TABEL NAMA BAPAK/IBU GURU PENGAJAR SMP N
2 KEPIL DENGAN FORMAT SEBAGAI BERIKUT:
NO
|
NAMA GURU
|
MATA PELAJARAN YANG DIAMPU
|
KETERANGAN
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
… .
|
3.
TULISKAN STRUKTUR KURIKULUM SMP N 2 KEPIL.
4.
SEBUTKAN JENIS EKTRAKURIKULER YANG ADA DI SMP N
2 KEPIL.
5.
BERAPAKAH KKM KELAS VII (TUJUH) DI SMP N 2
KEPIL?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar