text

Selamat Datang di Blog SMP N 2 Kepil Wonosobo ... Sekolah SEJUTA IMPIAN, ... Awali Suksesmu Dari Sini ... Mulailah segala sesuatu dengan BISMILLAH ...

Selasa, 01 November 2011

Verifikasi SSN, Siap Menuju Tantangan Baru


Hari ini Selasa, 1 Nopember 2011 suasana sekolah masih tampak riuh, padahal jam sudah menunjukkan jam 17.00 sore.
Alamat lembur .... alamat pulang telat, atau menginap sekalian.
Para guru dan karyawan dengan semangat dan rasa kesetia-kawanan menunggu seluruh proses selesai, yang menurut perkiraan dari assesor akan selesai pada jam 19.00 malam.

Yaaa, sepanjang hari ini SMPN 2 Kepil Wonosobo sedang dilaksanakan verifikasi SSN (penilaian sebagai sekolah rintisan Sekolah Standar Nasional). Segenap jajaran pejabat teras sekolah dengan penuh semangat dan antusias mendampingi dan melayani assesor terkait bukti fisik dan keterangan yang dibutuhkan untuk proses verifikasi. Bapak kepala sekolah, wakil kepala dan segenap pembantu kepala sibuk mempersiapkan dan melengkapi dokumen yang diperlukan untuk kelengkapan penilaian.

Sekitar jam 10.00 WIB kedua assesor datang ke lingkungan sekolah dengan mengendarai mobil Avanza biru. Setelah diterima di ruang tamu, selanjutnya kedua assesor didampingi kepala sekolah berkeliling ke seluruh lingkungan sekolah melihat dan mengecek seluruh ruangan dan sarana-prasarana sekolah. Kritik dan masukan tak hentinya diberikan kepada kepala sekolah terkait kelengkapan dan standar yang sebaiknya dipenuhi agar menjadi sekolah yang lebih maju dan lebih baik lagi.

Penilaian dilakukan oleh assesor Bapak Durrahman yang pernah menjabat kepala sekolah di salah satu SMPN di PATI yang sudah manjadi salah satu sekolah berkelas RSBI, didampingi Pak Sugeng Alal dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah, dari bagian sarana prasarana.
Sebanyak 8 komponen diverifikasi/dinilai, berbagai temuan diperoleh untuk bahan masukan menuju pengelolaan sekolah yang lebih siap untuk maju.

Acara ditutup dengan temu akhir yang dilaksanakan sekitar jam 17.30 semua guru dan karyawan dihadirkan di ruang multi media. Pada temu akhir disampaikan hasil akhir dari seluruh rangkaian visitasi SSN. Pada sesi ualasan 1 diberikan oleh Bapak Durrahman, yang intinya beliau menyampaikan bahwa SMPN 2 Kepil dari segi isi dan administrasi sangat bagus, guru-guru juga sangat kredibel dan memenuhi kualifikasi. Hanya saja sekolah ini perlu dilakukan gebrakan perubahan yang signifikan, terutama dari segi performa/tampilan. Beliau memberi perumpamaan sekolah ini seperti gadis, yang pakaian ala kadarnya, tanpa kosmetik dan tanpa asesoris/perhiasan sehingga tampak seperti sekolah biasa saja seakan tak terurus.

Begitu pula dengan ulasan dari Pak Sugeng Alal yang pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Propinsi, beliau sangat mengajurkan untuk merubah penampilan sekolah menjadi lebih baik, sehingga sekilas orang melihat langsung yakin dengan kualitas dan kelas dari sekolah, sehingga benar-benar bisa menjdai sekolah yang berkelas dan bertaraf seperti yang diharapkan menjadi Sekolah Standar Nasional. Untuk itu perlu terobosan untuk memperoleh bantuan dana dari pemerintah, dengan cara menjalis hubungan baik dengan dinas pendidikan kabupaten dan juga dinas pendidikan propinsi, harapannya agar dapat memperoleh berbagai bantuan yang tersedia untuk kelengkapan sarana, juga untuk mewujudkan sekolah yang tampak sejuk dan asri.

Terakhir, bapak kepala sekolah memberikan sambutan dan berbagai ulasan atas masukan dari kedua assesor yang intinya berharap agar SMPN 2 Kepil berbenah, terutama dari segi fisik agar menjadi sekolah yang TAMPIL BEDA, dengan konsep, 1. Sekolah yang ASRI, adanya TAMAN YANG TERAWAT di setiap wajah ruang, 2. Penambahan/perubahan ASESORIES sekolah agar tampak lebih hidup, 3. Warna cat yang DINAMIS & VARIATIF sehingga terkesan aktif dan progresif.
Harapannya begitu lewat jalan di depan sekolah sudah terkesan dengan tampilan dari luar dengan konsep dan tampilan sekolah yang ASRI, begitu masuk ke dalam lingkungan sekolah menjadi NYAMAN dan SEMANGAT dengan tampilan dan kelengkapan asesories yang terpampang didepan setiap ruang, begitu masuk ruang serasa masuk DUNIA MAJU dengan suguhan informasi dan tampilan yang menggugah untuk belajar dan bekerja untuk meraih dan menggenggam DUNIA, dan begitu pulang mendapat RASA TENTRAM dengan keramahan dan kepuasan PELAYANAN selama di sekolah.

Semua berawal dari MIMPI, dan memang kita harus punya mimpi untuk sukses, SUSKES BERSAMA. Semoga dengan kebersamaan dan kesadaran untuk bersama-sama memajukan sekolah dan niat yang tulus untuk memajukan pendidikan anak bangsa di Kepil dan sekitarnya, suatu saat akan terwujud sekolah yang diharapkan.
Mohon dukungan DOA semoga visitasi verifikasi SSN ini benar-benar diberkahi dan berhasil menjadi sekolah dengan menyandang predikat SSN, semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar