text

Selamat Datang di Blog SMP N 2 Kepil Wonosobo ... Sekolah SEJUTA IMPIAN, ... Awali Suksesmu Dari Sini ... Mulailah segala sesuatu dengan BISMILLAH ...

Rabu, 16 Oktober 2019

Simulasi BeeSmart, Aplikasi Latihan UNBK Mandiri Menyongsong UNBK 2020

Tidak sukses yang "ujug-ujug" dan "instan". Salah satu kunci sukses dalam setiap kegiatan adalah adanya persiapan yang matang, artinya ada rencana yang kemudian diikuti dengan pelaksanaan yang terkontrol dan ditindak lanjuti dengan evaluasi-evaluasi yang relevan. Sejalan dengan itu, ujian nasional yang sudah menjadi agenda rutin tahunan haruslah dipersiapkan sedemikian rupa agar bisa didapatkan hasil yang optimal. Dalam rangka menyambut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2020 mendatang, pihak sekolah akan segera melaksanakan latihan UBK mandiri. Hal ini dimaksudkan untuk mengenalkan bentuk, pola dan model Ujian Nasional tahun ajaran 2019/2020 yang menurut kabar pelaksanaanya akan dimajukan bulannya.

Sehubungan dengan hal di atas, SMP Negeri 2 Kepil telah menyusun dan mempersiapkan berbagai hal terkait ujian nasional, termasuk kegiatan evaluasi / ujian dengan moda daring yang menggunakan jaringan komputer, yaitu berupa latihan Ujian Berbasis Komputer (UBK). Latihan UBK Mandiri di laksanakan di Laboratorium Komputer SMP Negeri 2 Kepil, menggunakan aplikasi BeeSmart, yang secara sistem 99% mirip dengan UNBK yang dilaksanakan oleh Puspendik. Perbedaan hanya pada sistemnya jika UNBK soal dan jawaban secara online tersambung ke server Puspendik yang berpusat di Jakarta. Sementara untuk BeeSmart jawaban dan soal diunduh dan dikirim ke server lokal yang tersedia di sekolah.

Prosedur dalam aplikasi BeeSmart cukup sederhana, soal-soal yang dibuat oleh Bapak/Ibu guru tersimpan dalam bentuk bank soal  di server, kemudian seting mapel yang akan diujikan, mengatur jadwal dan waktu ujian, mengatur siswa peserta ujian dalam bentuk kelompok / shift, dan yang tidak boleh lupa adalah membuatkan akun dan password untuk login setiap peserta ujian, maka ujian berbasis komputer (UBK) siap dilaksanakan. Soal bisa diseting untuk sistem acak, demikian juga pilihan jawaban juga bisa dibuat acak, sehingga lebih terkondisi untuk tidak bisa melihat dan mencontoh jawaban teman di sebelahnya. Keunggulan lainnya adalah nilai hasil ujian (skor) dapat diatur agar bisa langsung tayang di layar saat anak klik "Selesai", sehingga bisa surprise ketika siswa melihat langsung hasil ujiannya. 

Berikut ini beberapa foto yang situasi Simulasi / Latihan UBK Mandiri di SMP Negeri 2 Kepil yang dilakukan bulan ini.




Kiranya demikian, sekedar melaporkan sedikit yang kami lakukan untuk membantu dan melayani siswa-siswi kami dalam mempersiapkan diri menghadapi UNBK 2020. Harapan kami dengan latihan UBK Mandiri ini semoga bisa menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman sehingga siswa kelas 9 lebih siap dalam menyongsong ujian nasional tahun 2020 mendatang, insya-Alloh.
Selamat berkarya, selamat beraktifitas, semoga sukses.

2 komentar:

  1. Semoga latihan UBK mandiri dimudahkan dan dilancarkan, sampai pelaksanaan UNBK tahun 2020. Dengan latihan UBK mandiri, diharapkan agar semua anak didik lebih siap materi dan mental. Tidak grogi, takut, cemas ataupun perasaan tidak nyaman yang lain saat berada di depan layar komputer. Dengan dibimbing dan dipandu para pakar IT di Spero ( Bapak Suronto, Bapak Maryanto, S.Kom), INSYALLOH semua anak didik (terutama kelas IX) tahun ini akan mantap mempersiapkan diri lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin, semoga Alloh memberikan kemudahan seperti apa yang Bu Rini tuliskan di atas. Dan atas doa beserta suportnya kami sampaikan terima kasih.
      Kata pakar terlalu tinggi, rasanya seperti jauh panggang dari api, saya hanya orang biasa yang punya keinginan untuk melayani semaksimal yang saya bisa, jika tidak bisa yah hanya bisa mencari relasi yang sekiranya bisa untuk membantu kebaikan di sekolah ini. Bismillah saja ....

      Hapus