text

Selamat Datang di Blog SMP N 2 Kepil Wonosobo ... Sekolah SEJUTA IMPIAN, ... Awali Suksesmu Dari Sini ... Mulailah segala sesuatu dengan BISMILLAH ...

Kamis, 12 Juni 2014

Penilaian Kurikulum 2013 - Semester 2 Kelas VII Telah Berakhir, Software Aplikasi Pengolah Nilai Mutlak Diperlukan, SMPN 2 Kepil Sudah Siapkan Diri

SMP Negeri 2 Kepil minggu ini sedang dilaksanakan ulangan kenaikan kelas. Maka pekerjaan guru sangat padat terkait koreksi hasil ulangan, pengolahan nilai dan persiapan menampilkan nilai akhir dalam bentuk rapot.

Bagi kelas 8 yang masih menerapkan kurikulum KTSP maka pengisian rapot masih menggunakan rapot manual dan tinggal meneruskan yang telah dilakukan selama ini. Lain lagi dengan kelas 7 yang sudah menggunakan kurikulum 2013 dimana belum tersedia rapot dari pusat, maka mau tidak mau sekolah harus mengupayakan aplikasi untuk pengolahan nilai dan pembuatan rapotnya secara komputerisasi.

Untuk hal ini SMP Negeri 2 Kepil sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari dengan dibuatnya aplikasi penilaian dan rapot yang dikerjakan secara komputerisasi / digital. Aplikasi yang dibuat merupakan tahap permulaan, percobaan dan masih sederhana sesuai kemampuan SDM yang ada di sekolah. Walaupun demikian setidaknya bisa menjadi acuan dan langkah awal untuk berkreasi, berinovasi dan berkarya untuk menjadi sekolah yang siap untuk maju, semoga.

Aplikasi ini dibuat dengan software Microsoft Excel dengan pola link antar sel, link antar file. Aplikasi awal berupa file pengisian nilai untuk masing-masing guru mata pelajaran. Selanjutnya file aplikasi yang sudah diisi nilai oleh guru mapel kemudian dikumpulkan dalam komputer / laptop induk untuk disatukan dalam folder penilaian. Dalam folder penilaian telah terdapat aplikasi pengolahan nilai yang siap menyedot (telah di-link-kan) nilai dari aplikasi tiap mapel. Aplikasi rapot ini akan langsung siap ditambahkan data tambahan antara lain absensi, pengembangan diri dll, oleh tiap wali kelas masing-maing. Selanjutnya setelah oleh wali kelas bisa langsung cetak untuk tiap anak dalam bentuk kertas masing-masing anak 2 lembar, lembar nilai dan lembar deskripsi. Selamat mencoba dan berkreasi untuk lebih baik lagi.

Walau sangat sederhana dan ala kadarnya, namun satu hal yang cukup menggembirakan adalah aplikasi penilaian yang digunakan SMP N 2 Kepil ini telah ditayangkan dan didemokan sebagai model / contoh aplikasi penilaian dalam ajang pelatihan instruktur nasional guru prakarya di LPPKS Indonesia di Solo - Jawa Tengah. Setelah ditayangkan sebagai model, kemudian banyak peserta / calon instruktur yang meminta copy soft file sebagai acuan aplikasi di sekolah mereka. Walau masih sangat sederhana dan kecil nilainya semoga bisa berbagi dan semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Selamat dan sukses Kembangkan terus semoga menjadi barometer buat Sekolah lain,

    BalasHapus