text

Selamat Datang di Blog SMP N 2 Kepil Wonosobo ... Sekolah SEJUTA IMPIAN, ... Awali Suksesmu Dari Sini ... Mulailah segala sesuatu dengan BISMILLAH ...

Senin, 06 November 2023

Peringatan Bulan Bahasa, SMPN 2 Kepil Adakan Lomba Literasi Kelas

Ketika ada kalimat terkait bulan bahasa maka muncul pertanyaan, apa sebenarnya yang dimaksud dengan bulan bahasa, kapan dan apa yang dilakukan pada bulan bahasa. Ada beberapa kegiatan yang biasa dilaksanakan dalam acara bulan bahasa terdiri atas beberapa kegiatan. Ada kegiatan yang diadakan sebagai ajang berkarya atau berekspresi, ada kegiatan yang diadakan sebagai ajang peningkatan kualitas berbahasa Indonesia, dan ada kegiatan yang diadakan sebagai ajang perlombaan.

Nah, Ibu Fajar Fatimah Winarti, S.Pd., M.Or, selaku Kepala SMP Negeri 2 Kepil memberi arahan bahwa sekolah tidak ingin ketinggalan dan ikut mengambil bagian dalam menyambut bulan bahasa tahun 2023 ini. Kemudian dibuatlah rencana beberapa jenis perlombaan sudah dipersiapkan oleh Tim Literasi. Ibu Rini Utami, S.Pd., koordinator Literasi kemajuan dan inovasi di bidang literasi sekolah. Perlombaan dalam rangka bulan bahasa dilaksanakan pada hari Jum'at 27 Oktober 2023, diikuti oleh siswa di semua kelas. Sebelumnya masing-masing wali kelas melakukan pembimbingan dan pendampingan bagi  siswa di kelasnya untuk berlatih dan mempersiapkan diri sebaik dan seoptimal mungkin.

Adapun jenis perlombaan yang dilaksanakan dapat diuraikan sebagai berikut :  

  1. Lomba Menyanyi Lagu Inggris, juri Bu Kesi dan Bu Ida
  2. Lomba Menyanyi Lagu Jawa, juri Bu Prih dan Pak Fauzi 
  3. Lomba Menulis Pantun, juri Pak Bagus dan Bu Mum
  4. Lomba Mendongeng, juri Bu Ruti dan Bu Isti
  5. Lomba Pojok-Pohon Literasi, juri Pak Karna dan Pak Mar
Yang menjadi puncak (gong) perlombaan ini adalah Lomba Kelas Literasi, dengan fokus penilaian pada keberadaan Pojok Baca dan Pohon Literasi. Kelas Literasi dilaksanakan di masing-masing ruang kelas, dengan beberapa point penilaian antara lain Pojok Baca (rak dan koleksi buku), Pohon Literasi (pohon yang dihias dengan daun yang berisi jumlah buku yang dibaca oleh warga kelas), serta Kerapian dan Kebersihan kelas. Dari hasil rekapan perlombaan Pojok Baca dan Pohon Literasi diperoleh data  hasil perlombaan (pemenang) sebagai berikut: 
  • Juara 1 : Kelas 7D - Wali kelas Ibu Rini Utami, S.Pd.
  • Juara 2 : Kelas 7A - Wali kelas Ibu Elisa Ririh M, S.S
  • Juara 3 : Kelas 9C - Wali kelas Bapak Aris Winarna, S.Pd.
Pembagian hadiah kepada para pemenang lomba dilaksanakan pada hari Sabtu, sesaat setelah Upacara Hari Sumpah Pemuda. Atas nama kepala sekolah kami menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Tim Literasi, semua Guru/Karyawan, dan semua Siswa-siswi atas ide, gagasan, saran, masukan, bantuan dan peran aktif sehingga acara ini berjalan sukses. Selamat kepada semua pemenang lomba dari berbagai kategori, selamat juga kepada semua siswa dan kelas yang bersemangat untuk mendukung dan berpartisipasi pada acara lomba literasi tahun ini.

Berikut beberapa gambar yang mungkin bisa mewakili banyak dan beragamnya kegiatan pada acara Sabtu Literasi yang berisi berbagai kegiatan lomba dalam rangka peringatan bulan bahasa 2023 di SMP Negeri 2 Kepil.












Masih ada banyak foto yang tidak bisa dilihat di halaman ini karena keterbatasan tempat, maka untuk melihat atau mendapatkan foto yang lebih lengkap, silahkan untuk klik pada tautan / link di bawah ini.

Link Dowload, klik >> Foto Lomba Literasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar