text

Selamat Datang di Blog SMP N 2 Kepil Wonosobo ... Sekolah SEJUTA IMPIAN, ... Awali Suksesmu Dari Sini ... Mulailah segala sesuatu dengan BISMILLAH ...

Kamis, 22 Maret 2018

Tour De Malang 2018, Studi Wisata ke Kebun Apel dan Jatim Park 2

Selasa sore 20 Maret 2018, sekitar 30 siswa kelas 9 yang menjadi peserta sesi-3 baru saja keluar dari ruang laboratorium komputer usai mengikuti galdi bersih UNBK (simulasi-3). Sementara itu di halaman depan sekolah sudah nampak ramai siswa kelas 8 yang akan mengikuti acara study tour, mereka telah berkumpul dan bersiap dengan segala perlengkapan mereka. Dua armada bus Mekar Muda yang berwarna hitam telah terparkir di pinggir jalan dan nampak siswa-siswi sibuk menempatkan diri sesuai dengan denah tempat duduk yang telah diatur oleh panitia. Inilah acara tahunan bagi kelas 8 yang berupa study tour, sebagai salah satu bentuk kegiatan wisata siswa yang bisa digunakan sebagai pembelajaran luar sekolah sekaligus memberi kesempatan untuk membuka wawasan dan cakrawala baru serta mencari pengalaman mengunjungi daerah-daerah wisata yang ada di pulau Jawa dan sekitarnya.

Kepanitiaan study tour untuk tahun 2018 ini dikomandani oleh Bapak Drs, M. Abdul Latif, M.Pd (ketua), sekretaris Bpk M. Bagus Panuntun, S.Pd dan Ibu Rini Utami, S.Pd sebagai bendahara. Selanjutnya ditunjuk 5 orang guru lainnya untuk membantu mendampingi siswa, sehingga jumlah guru yang mendampingi siswa sebanyak 8 orang yang dibagi dalam dua kelompok, bus 1 dan bus 2. Guru yang ditunjuk sebagai pendamping tambahan selain panitia adalah Ibu Sri Hartati, Ibu Sayekti Laras, Ibu Zulaekho, Ibu Ngaidatul dan Bpk Maryanto. Semua aganda dan kelengkapan perjalanan di suport oleh agen Bintang Mulia Tour

Lokasi yang menjadi tujuan kegiatan ini adalah kota wisata Batu - Malang Jawa Timur. Berangkat dari sekolah Selasa sore pukul 17.00 WIB, perjalanan malam terasa lancar tanpa kendala, tanpa macet dan sampai di lokasi transit RM Brawijaya sekitar pukul 04.30 pagi. Setalah sholat sbuh, mandi dan makan pagi, sekitar pukul 08.00 siswa berangkat ke obyek wisata pertama yang berupa petik Apel di kebun yang telah ditentukan. Nampak siswa-siswi sangat menikmati suasana kebun apel, mereka makan buah apel yang langsung dipetik dari pohonnya. Setelah dirasa puas di kebun apel, maka sekitar pukul 11.00 rombongan dibawa turun kembali menuju tempat transit untuk  sholat dhuhur,  makan siang dan persiapan menuju obyek wisata selanjutnya.

Masuk obyek wisata yang kedua siswa-siswi sangat semangat dan antusias, dari lokasi parkir mereka langsung berhamburan masuk lokasi Jatim Park 2, yang dikenal dengan nama Batu Secreet Zoo, yang berupa obyek wisata kebun binatang dengan konsep modern. Batu Secreet Zoo tidak seperti kebun binatang pada umumnya, kebun binatang di Jatim Park 2 memiliki keunggulan dan desain arsitektur yang terintegrasi, bersih terawat dengan koleksi yang lengkap. Di rute akhir tersedia wahana permainan yang menantang dan menguji adrenalin antara lain wahana Gurita, Tsunami, Animal Coaster, Animal Bumper dll. Setelah keluar dari lokasi kebun binatang, siswa-siswi diarahkan untuk masuk ke Museum, wahana ilmu pengetahuan tentang berbagaia hewan/binatang yang dirancang sebagai wahana edukasi yang sangat menarik.

Mendekati pukul 16.30 semua berkumpul ke dalam bis masing-masing untuk melanjutkan perjalanan wisata berikutnya di area Alun-alun dan Masjid Agung kota Batu. Berkeliling alun-alun menjelang  Maghrib adalah suasana tersendiri. Banyak siswa-siswi yang berhamburan ke mall dan supermarket untuk belanja oleh-oleh atau buah tangan, kemudian menikmati kerlap-kerlip cahaya dari berbagai lampu hias di alun-alun dilanjut sholat Maghrib di masjid Agung kota Batu. Inilah lokasi terakhir wisata kali ini. Setelah semua kembali ke bis maka kegiatan selanjutnya adalah menikmati istirahat dalam perjalanan pulang menuju Kepil Wonosobo.

Berikut beberapa gambar yang semoga bisa mewakili ratusan momen yang tidak sempat terdokumentasi secara lengkap, selamat beraktifitas, semoga menyenangkan.









2 komentar:

  1. Agenda tahunan yang rutin diadakan untuk peserta didik klas VIII. Jauh hari sebelum hari H, mereka sudah semangat menabung khusus untuk kegiatan wisata. Kegiatan ini memang teramat istimewa untuk mereka. Selain untuk refreshing, kegiatan ini juga memberi pengalaman tersendiri bagi mereka, salah satunya belajar bersosialisasi dengan orang lain (teman). Semenjak keberangkatan sampai kembali, juga dalam menyusun laporan wisata secara berkelompok.
    Semoga agenda tahunan spero ini memberikan manfaat untuk para peserta didik.
    Trimakasih untuk Pak Mar, Bu Laras, Bu Tami, Bu Ida, Bu Tatik yang sudah rela dan ikhlas membantu kerja panitia. Semoga kebaikan Bapak/Ibu mendapatkan balasan kebaikan yang berlipat dari ALLOH SWT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasihnya sama-sama Bu, panitia yang simpel namun kompak ...
      Jujur saya belajar banyak dari Panitia (P Latif, P Bagus dan B Rini) yang fleksibel dan terbuka masukan dan saran, rapi cara kerjanya, tidak banyak ribut, sangat peduli dengan siswa, dan terlihat sangat tulus bukan hanya berorientasi fulus, jauh dari kata **kus ... banyak ilmu, hikmah dan kebaikan yang kami serap dari panitia dan teman-teman ..
      Terima kasih atas ilmu dan hikmahnya juga yang lainnya, semoga bisa untuk pelajaran bagi kepanitiaan tahun berikutnya ...

      Hapus