text

Selamat Datang di Blog SMP N 2 Kepil Wonosobo ... Sekolah SEJUTA IMPIAN, ... Awali Suksesmu Dari Sini ... Mulailah segala sesuatu dengan BISMILLAH ...

Senin, 05 Maret 2018

Pesta Siaga Kwartir Ranting Kepil - Ajang SD/MI Unjuk Bakat dan Prestasi

Sabtu pagi, 3 Maret 2018 suasana di SMPN 2 Kepil nampak sangat ramai, ratusan sepeda motor dan puluhan mobil pribadi maupun mobil angkutan terparkir di depan dan sekitaran sekolah, Hari itu ada acara perhelatan yang meriah dalam kategori cukup besar yang diselenggarakan oleh Pengurus Kwartir Ranting Kepil Wonosobo. Acara bertajuk Pesta Siaga Kwartir Ranting Kepil Tahun 2018 ini mengusung tema "Gembira, Kreatif dan Bersahabat", dengan motto utama Pramuka yaitu "Satya ku-dharmakan, dharma ku-baktikan". Ajang ini merupakan wahana unjuk prestasi dan mengasah bakat siswa-siswi SD dalam berbagai pengetahuan, keterampilan dan ketangkasan dalam pendidikan pramukaan.

Menurut panitia peserta berjumlah sekitar 600 siswa dari Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-kecamatan Kepil. Tempat kegiatan dipilih dan ditetapkan di komplek kampus SMPN 2 Kepil, setelah beberapa hari sebelumnya dilakukan peninjauan lokasi dan cek kelayakan untuk kegiatan Pesta Siaga ini. Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, area lapangan yang luas dan ketersedian ruangan yang cukup serta kelengkapan lain menjadi dasar dipilihnya kampus SMPN 2 Kepil sebagai lokasi kegiatan. Bertindak sebagai panitia utama; 1. Ketua umum = Teguh Edi Wirogo, S.Pd, 2. Sekretaris 1= Riyani dan Bendahara 1 = Prihatiningsih, dengan Pelindung = Singgih Kuncoro, SE dan Drs. Supardjo, M.Pd serta Penasehat = Bambang Ismoyo Aji, S.Pd dan Praptadi, S.Pd.

Pesta siaga ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Maret 2018, sesuai jadwal yang telah dibuat acara dimulai pukul 07.30 WIB dan akan berakhir pukul 14.30 WIB. Jenis kegiatan pada pesta siaga ini terdiri dari beberapa kelompok; 1. Kegiatan Umum, 2. Kegiatan Keagamaan dan Kepribadian, 3. Kegiatan Ketangkasan dan Keterampilan, 4. Kegiatan Seni Budaya dan 5. Kegiatan Kepedulian Pramuka Siaga dengan masing-masing kelompok yang dibagi menjadi bentuk yang lebih spesifik dengan nama Taman Baris-Berbaris, Taman Toleransi Beragama dan sebagainya. Sekitar 11 jenis kegiaatan yang dilombakan pada acara ini membuat situasi di kampus sekolah ini nampak sangat meriah. Berikut beberapa gambar yang mungkin bisa menggambarkan meriahnya acara pesta siaga tersebut.





Pihak manajemen SMPN 2 Kepil yang terdiri dari unsur pimpinan, dewan guru dan karyawan menyambut baik dan sangat antusias mendukung kegiatan ini. Ibu Dra. Dyah Nuryani Praptiningsih, MM.Pd. selaku kepala sekolah memberikan arahan langsung kepada jajaran guru da karyawan untuk terlibat langsung dalam mempersiapkan tempat dan kelengkapan untuk suksesnya acara ini. Untuk menyambut dan ikut memeriahkan acara ini pihak sekolah menampilkan beberapa pentas seni kreasi berupa beberapa jenis Pentas Tari siswa kelas 7 dan 8 dibawah asuhan Ibu Ruti dan Ibu Isti.

Salah satu anadalan yang tak kalah hebat adalah sajian Gamelan seni karawitan asuhan Bpk Eko Sutomas dan Bpk Widodo, suara gamelan yang ditabuh langsung oleh siswa-siswi kelas 7 dan 8 memberikan nuansa tersendiri menyapa kehadiran Bapak/Ibu Guru baik yang bertindak sebagai panitia maupun pendamping beserta siswa-siswi peserta Pesta Siaga. Secara singkat penampilan siswa dalam menabuh gamelan ini dapat dilihat dalam bentuk video yang dapat disaksikan setiap saat melalui saluran internet di situs Youtube.com, alamatnya dapat di-klik pada link di bawah ini.


Sebagai penutup tulisan ini, mari kita dampingi siswa-siswi kita di SD/MI, SMP/MTs dan juga di tingkat SMA/MA/SMK agar mereka dapat mengasah bakat dan kemampuan mereka yang terpendam untuk menh=ghasilkan karya dan kreasi yang istimewa. Semoga kegiatan pesta siaga ini bermanfaat dan dapat memberikan dampak positif ke semua pihak untuk kemajuan pendidikan di nusantara, insya-Alloh, selamat berkarya semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar