text

Selamat Datang di Blog SMP N 2 Kepil Wonosobo ... Sekolah SEJUTA IMPIAN, ... Awali Suksesmu Dari Sini ... Mulailah segala sesuatu dengan BISMILLAH ...

Sabtu, 24 Oktober 2015

Download Contoh Aplikasi Rapot UTS SMP Negeri 2 Kepil

Penerapan Kurikulum 2013 membawa dampak yang bermacam-macam, ada yang pro dan banyak juga yang kontra. Dampak yang paling terasa oleh sekolah yang menerapkan K-13 adalah hilangnya mapel TIK dan KKPI. Selama dua tahun sejak diberlakukan K-13 maka guru TIK, khususnya di SMP yang sampai hari ini masih melaksanakan K-13 maka guru-gurunya kemudian kehilangan pekerjaan utama sebagai guru TIK, akhirnya banyak yang alih profesi menjadi guru mapel baru - Prakarya.

Dua tahun kemudian muncul Permendikbud no 68/2014 yang memberi arahan tugas guru TIK / KKPI yang beralih menjadi guru Bimbingan TIK (B-TIK). Dengan permen ini, maka peran guru TIK berubah menjadi semacam konselor / konsultan bagi siswa, guru dan TU terkait dengan teknologi informasi (TI). Dengan peran baru ini tugas guru TIK, secara implisit menjadi lebih berat, seakan guru TIK adalah sosok luar biasa yang serba bisa, padahal banyak guru TIK (red, khususnya kami) yang merasa masih banyak keterbatasan. Pada tataran kebijakan, regulasi permen ini belum familier di tingkat dinas pendidikan kabupaten/kota. Dan kenyataan yang ada di lapangan, beberapa sekolah pilot belum bisa melaksanakan bimbingan TIK pada tahun ajaran yang berjalan saat ini.

Kami, SMP Negeri 2 Kepil dengan segala keterbatasan tetap mendukung pelaksanaan K-13, termasuk permendikbud no 68/2014. Sebisa yang kami mampu, kami berupaya memberikan layanan minimal di bidang IT baik kepada siswa dan guru. Rasanya bahagia bisa berbagi pengetahuan di bidang IT kepada siswa walau dengan jam pembelajaran minimal yang hanya 1 jam tatap muka dengan siswa. Begitu juga bisa berbagi sedikit informasi kepada rekan sesama guru, walau terkadang sebagian dari mereka (guru non TIK) justru lebih tahu dan lebih terampil dari guru TIK.

Terkait implementasi permen 68/2014 dan hubungannya dengan penilaian kurikulum 2013, beberapa aplikasi telah dimiliki dan dibuat sendiri oleh sekolah, mulai dari aplikasi penilaian untuk tiap guru mata pelajaran hingga aplikasi untuk membuat rapot. Yang paling sederhana adalah aplikasi Rapot UTS yang terintegrasi, yang kali ini akan kami coba share (bagi) kepada pembaca umumnya, karena ada seseorang yang menghendaki kami untuk membagikannya. Dalam aplikasi sederhana ini semua siswa secara otomatis sudah terdaftar, namun masih bisa ditambah atau dikurang atau diedit bila terjadi kesalahan penulisan. Dengan hanya satu file aplikasi, semua wali kelas bisa menggunakan dengan memilih menu kelas yang menjadi tugasnya. Menu tambahan berupa update guru apabila ada perubahan data guru atau guru baru. Menu update kepala sekolah juga dibuat untuk mengantisipasi bila terjadi pergantian kepala sekolah. Secara umum aplikasi ini tidak jauh berbeda, namun yang kami utamakan adalah buatan sendiri. Disana juga terdapat beberapa hal baru yang meruapakan inovasi sebatas kemampuan kami.
Akhirnya, kepada yang "merasa perlu" kami persilahkan untuk mengunduh (download). Barangkali bisa sebagai gambaran, panduan dan pembanding. Bagi sekolah yang sudah maju dan telah memiliki aplikasi yang jauh lebih sempurna maka aplikasi ini bisa diunduh sekedar sebagai tambahan koleksi barang tak berharga.
Download Rapot UTS
Untuk bisa menggunakan aplikasi ini pengguna harus masuk ke aplikasi ini dengan akun dan password. Untuk pengguna umum maka bisa menggunakan akun "coba' dan password "umum". Khusus para pakar IT dan pembuat software yang terbiasa menjadi "hacker" kami harap untuk cukup tersenyum dan tertawa di dalam hati. Demikian, semoga bermanfaat <34370>.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar