text

Selamat Datang di Blog SMP N 2 Kepil Wonosobo ... Sekolah SEJUTA IMPIAN, ... Awali Suksesmu Dari Sini ... Mulailah segala sesuatu dengan BISMILLAH ...

Senin, 27 April 2015

ESQ Kelas IX SMPN 2 Kepil, Sukses Membangun Motivasi Siap Hadapi UN 2015, Bersama Ustad Saeful Bahri

Senin pagi, 27 April 2015 sedianya siswa kelas 7, 8 dan 9 melakukan upacara bendera, namun pagi itu tidak dilaksanakan. Hal ini dikarenakan pada pagi itu akan dilakukan acara spesial untuk kelas 9 dalam rangka menyongsong UN yang akan dilaksanakan pada tanggal 4-7 Mei 2015. Kegiatan spesial itu berupa kegiatan ESQ (Emotional Spiritual Quotient) yaitu pemberian motivasi kesiapan menghadapi UN 2015.

Jam 08.00 semua siswa dikumpulkan untuk diberi pengarahan dan penjelasan tentang kegiatan pagi itu oleh Bapak Eko Sutomas, S.Pd, selaku wakil kepala sekolah. Kelas 9 diarahkan untuk langsung menuju balai desa Rejosari, sedangkan kelas 7 dan 8 dianjurkan untuk langsung pulang, karena kegiatan ESQ juga akan diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SMPN 2 Kepil.

Bertempat di Balai Desa Rejosari yang beralamat di Cadukan Rejosari Kepil Wonosobo, acara ESQ dilaksanakan, hal ini dipilih sebagai lokasi berdasarkan masukan dari tim penanggung jawab ESQ dengan alasan kenyamanan, jauh dari kebisingan dan keramaian.  Tepat pukul 09.00 acara dimulai, bertindak sebagai pembawa acara (MC) Bpk Bagus Panuntun, diawali dengan pembukaan, dilanjutkan sambutan kepala sekolah Bpk Drs. Kardan, kemudian penjelasan Jelang UN oleh wakil kepala sekolah Bpk Eko Sutomas, S.Pd. Selanjutnta masuk ke acara inti berupa motivasi / ESQ oleh nara sumber Bapak Ustad Saeful Bahri dari SD terpadu Maarif Gunung Pring Muntilan Magelang.

Selama kurang lebih 120 menit Ustad Saeful Bahri - yang merupakan alumni dari PP Gontor I  Ponorogo Jawa Timur, berhasil menghipnotis siswa kelas 9, orang tua / wali dan guru, sehingga semua peserta ESQ dibawa ke kondisi yang khusuk, menyentuh bahkan menusuk jiwa hingga kepada kondisi kesadaran akan jati diri saat ini. Setelah kurang lebih 1 jam dibangun motivasi dan semangatnya, maka pada durasi 1 jam berikutnya dibangun kesadaran akan dosa dan kesalahan yang dilakukan selama ini, terutama dosa dan kesalahan yang dilakukan pada kedua orang tuanya. Hampir setengah dari total waktu ESQ, siswa menangis dengan sejadi-jadinya, menyadari kesalahan mereka, menyadari betapa sayangnya orang tua pada mereka menyadari kebutuhan dekat dengan orang tua, terlebih sangat membutuhkan ridho mereka berdua. Terlebih masuk dalam acara doa, dimana nama beberapa anak disebutkan, sangat terasa menusuk-nusuk hati, mengiris jiwa untuk semakin menumpahkan air mata penyesalan.

Tepat pukul 11.30 acara inti ESQ selesai, kemudian ditutup oleh pembawa acara. Selanjutnya orang tua siswa dipersilahkan pulang, diikuti siswa kelas 9. Adapun guru-guru dan beberapa siswa melakukan kegiatan kebersihan dan pengembalian alat dan kelengkapan acara ESQ. Pak Aris menyampaiakn bahwa dalam kegiatan ini guru dan karyawan SMPN 2 Kepil sangat kompak hingga akhir acara. Di sisi lain, Bu Rini Utami menyampaikan bahwa kegiatan ESQ ini dianggap sukses, sukses meberikan motivasi bagi siswa, orang tua bahkan guru. Kami sebagai salah satu tim merasa bersyukur - acara ini cukup sukses dan berhasil atas bantuan dan partisipasi semua pihak, rekan guru dan juga siswa beserta orangtua wali. Jika acara ini sukses, ini adalah sukses kita bersama.

Beberapa rangkaian terima kasih kami sampaiakn kepada pihak-pihak yang telah turut mendukung acara ESQ ini :
  1. Ustad Saeful Bahri sebagai nara sumber - yang berhasil memberi siswa kelas 9, orangtua wali dan guru untuk introspeksi dan membangun motivasi diri menjadi lebih baik lagi.
  2. Kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan jajaran pembantu kepala atas arahan dan bimbingan selama persiapan hingga pelaksanaan ESQ.
  3. Kepada tim ESQ yang solid (Tim penanggung jawab ESQ yang terdiri dari Maryanto, Aris Winarna, M. Bagus Panuntun, M. Fauzi dan Yani Widayati) atas masukan ide, bantuan tenaga dan semuanya. Spesial atas dukungan dan bantuan Pak Vendi dan pak Ronto yang luar biasa membacking peralatan mulai dari peminjaman hingga pengambilan alat.
  4. Pak Ismain selaku bendahara BOS atas suport dananya, demikian juga Bu Ruti Sumarni dan Bu Sri Supami atas dana SSM untuk konsumsi.
  5. Siswa dan orangtua wali atas kehadiran, partisipasi aktifnya dalam acara ESQ ini.
  6. Semua pihak yang tak dapat disebutkan satu-persatu yang telah berpartisipasi untuk suksesnya acara ESQ sederhana ini.
Banyak kekurangan dan kekhilafan (keterbatasan, kebodohan, ketelodoran dan kurang pengalaman), atas nama tim kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhirnya, marilah kita ambil hikmah dari acara ESQ ini, mari kita introspeksi diri, mengaca diri dan memotivasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Menjadi pribadi yang memiliki jiwa yang berhati lembut, penuh kasih sayang dan jauh dari kesombongan. Semoga UN 2015 lancar dan mendapatkan hasil yang optimal. Selamat beraktifitas, semoga sukses. (30470)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar