text

Selamat Datang di Blog SMP N 2 Kepil Wonosobo ... Sekolah SEJUTA IMPIAN, ... Awali Suksesmu Dari Sini ... Mulailah segala sesuatu dengan BISMILLAH ...

Senin, 22 Juli 2019

Meraih Juara 1 di Kabupaten Wonosobo, SMPN 2 Kepil Siap Bersaing di Ajang FLS2N Tingkat Propinsi Jawa Tengah

Alhamdulillah, SMP Negeri 2 Kepil berhasil menjadi Juara 1 tingkat Kabupaten Wonosobo pada ajang FLS2N tahun 2019, ini adalah karunia dari Alloh SWT yang telah dilimpahkan kepada sekolah ini. Ananda TEVITA BRAVELO, siswa kelas 9D dibawah bimbingan Bapak Aris Winarno, S.Pd (guru Seni Budaya) berhasil menjadi Juara 1 dalam cabang lomba Desain Poster. Lomba yang dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2019 ini telah menorehkan prestasi bagi sekolah, dan ini adalah prestasi hebat dan menjadi kebanggaan yang luar biasa. Atas prestasi ini, SMP Negeri 2 Kepil mendapat kesempatan maju untuk berlaga di tingkat propinsi dalam ajang yang sama, yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 6-7 Agustus 2019, bertempat di Hotel Puri Garden dan BPM Dikjur Jawa Tengah yang berlokasi di Jalan Brotojoyo Plombokan Semarang.

Bismillah, itulah kata yang selalu disuarakan untuk membangun kekuatan dan semangat baru. Sangat tepat jika kepala sekolah baru memakai tagline kata Bismillah. "Mulailah segala sesuatu dengan BISMILLAH", kata ini kini telah menjadi slogan baru, menjadi kekuatan baru di tahun ajaran baru. Slogan tersebut terpasang dalam Banner selamat datang yang terangkai dengan beberapa kata penuh motivasi, penuh semangat dan menjadikan energi positif untuk melangkah lebih mantab di tahun ajaran baru. Secara lengkap banner itu bertuliskan "Selamat Datang Di Sekolah Sejuta Impian, SMP Negeri 2 Kepil, Awali Suksesmu Dari Sini - Mulailah Segala Sesuatu Dengan Bismillah". Ini adalah salah satu upaya membangun sikap optimis meraih prestasi dan jiwa yang penuh harap kepada limpahan rahmat dan karunia dari Alloh SWT.

Yah, mengawali tahun ajaran baru 2019/2020 banyak hal baru yang nampak di SMP Negeri 2 Kepil. Pejabat kepala sekolah baru SMP Negeri Kepil, Bapak Hadi Wiyono, S.H., M.Pd., yang secara resmi diterimakan ke komite sekolah pada tanggal 5 Juli 2019 telah memberikan warna baru dalam pengelolaan manajemen sekolah. Dimulai dari pembiasaan disiplin yang diberlakukan bagi semua civitas akademika tanpa terkecuali, guru, staff dan siswa. Sebelum rangkaian KBM yang dimulai pukul 07.00 suasana sekolah sudah nampak hidup dengan diperdengarkannya suara penggugah ruhani berupa pembacaan murotal (ayat-aya Al-Quran). Lalu pada pukul 07.00 terdengar bunyi bel tanda aktivitas KBM dimulai, siswa masuk kelas untuk kegiatan pembiasaan, kegiatan kerohanian yang berupa pembacaan Asmaul Husna dan/atau Tadarus Juz 'Amma.

Hal baru lainnya adalah adanya doa bersama bagi guru dan staff, dilakukan setiap hari pada saat siswa melakukan kegiatan pembiasaan pagi. Bertempat di ruang guru, kepala sekolah bersama jajaran wakil pimpinan, guru dan staff melaksanakan doa bersama yang di pimpin guru agama atau wakil pimpinan, kemudian dilanjutkan breefing pagi hingga menjelang pelajaran pertama dimulai. Dengan doa bersama dan breefing pagi yang dilakukan setiap hari dengan sendirinya menjadi pembiasaan baik bagi semua jajaran pimpinan, guru dan staff, diantaranya menjadi lebih disiplin dan terkontrol (malu jika terlambat), selalu koordinasi dan mendapatkan titik temu setiap permasalahan yang terjadi, dan selalu mendapatkan suntikan semangat dan motivasi untuk melakukan pengabdian yang terbaik dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada semua peserta didik.

Kebersihan lingkungan adalah salah satu fokus yang terus diupayakan agar tercipta lingkungan yang bersih, rapi, indah dan asri. Upaya pencapaian target menjadi sekolah Adiwiyata pada tahun 2020 bukan pekerjaan yang ringan, namun dengan semangat, usaha dan kerja keras insya-Alloh akan terwujud. Beragam rencana pengembangan sekolah telah diagendakan dan disosialisasikan oleh kepala sekolah, antara lain: # renovasi pintu gerbang (pintu masuk) agar lebih aman dan lebih mudah saat pengendara motor/mobil keluar masuk ke lokasi sekolah, # pembuatan tempat parkir motor siswa pada tempat yang khusus agar lebih rapi, aman dan terlindungi, # penyediaan tong sampah yang khusus agar pengelolaan sampah bisa mendukung program kebersihan sekolah dan # pembinaan sikap dan mental siswa yang lebih terprogram dalam berbagai bidang.

Akhirnya, marilah kita semua turut andil dalam memajukan pendidikan, baik sebagai guru, sebagai siswa, sebagai orangtua/wali atau sebagai masyarakat agar terwujud harapan dan cita-cita pendidikan untuk membangun generasi yang muda yang cerdas, terampil, berprestasi, berakhlak mulia dan peduli lingkungan, insya-Alloh. Kami berharap bantuan doa semoga SMP Negeri 2 Kepil bisa lebih maju dan lebih berprestasi, bisa berbagi manfaat bagi lingkungan masyarakat dan negara. Selamat beraktifitas, selamat belajar, selamat berkarya, semoga sukses, Aamiin.

2 komentar:

  1. Hebat, Spero semakin keren ...
    Pas Saya dulu belum ada yang beginian ...
    Semoga spero semakin maju dan semakin sukses ...
    Salam sungkem buat bapak-ibu guru ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mas Danang ...
      Semua ada waktunya, terima kasih atas doanya ... insya-Alloh

      Hapus