text

Selamat Datang di Blog SMP N 2 Kepil Wonosobo ... Sekolah SEJUTA IMPIAN, ... Awali Suksesmu Dari Sini ... Mulailah segala sesuatu dengan BISMILLAH ...

Senin, 25 September 2017

Satyaku Kudarmakan, Darmaku KuBaktikan - DIANPINRU 2 di SMPN 2 Kepil

Suasana SMP Negeri 2 Kepil hari Jum'at pagi nampak berwarna coklat kekuningan, banyak siswa dan guru pendamping mengenakan seragam pramuka lengkap. Nampak pula beberapa mobil yang mengantar pasukan dan peralatan yang terkait dengan kegiatan perkemahan. Ternyata, akan ada kegiatan di SMPN 2 Kepil, acara / perhelatan besar yang bertajuk PERKEMAHAN GLADIAN PIMPINAN REGU (DIANPINRU) 2 KWARTIR RANTING 02 KEPIL. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 – 23 September 2017 bertempat di Lapangan SMP Negeri 2 Kepil. Bertindak sebagai ketua panitia DIANPINRU adalah beliau Bapak Bambang Nuryanto, S.Pd. MM.Pd. (kepala SMPN 1 Kepil).

Peserta DIANPINRU 2 Kwarran 02 Kepil Tahun 2017 berasal dari Gugus Depan SMP/MTs se-Kwarran 02 Kepil dengan batasan untuk masing-masing Gudep mengirimkan 2 regu, yang terdiri dari 1 regu putri (10 siswi) dan 1 regu putra (10 siswa) :
  1. SMP 1 Kepil (Kepil)
  2. SMP 2 Kepil (Randusari)
  3. SMP 3 Kepil (Kaliwuluh)
  4. SMP 4 Kepil (Gadingrejo)
  5. SMP 5 Kepil (Ropoh)
  6. SMP PGRI (Jangkrikan)
  7. SMP 6 Satap (Gadingsukuh)
  8. SMP 7 Satap (Brongkol)
  9. MTs Ma'arif As-Sahro (Rejosari)
  10. MTs An Nawawi (Gadingrejo)
  11. MTs Ar Risalah
Keseluruhan kegiatan yang dikembangkan dalam DIANPINRU II Kwartir Ranting 02 Kepil Tahun 2017 lebih dititik-beratkan kepada kreatifitas dan ketangkasan serta kekompakan dalam sebuah tim guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai individu dan juga sebagai anggota Pramuka Penggalang. Adapun jenis dan macam kegiatan pada DIANPINRU II Kwarran 02 Kepil Tahun 2017, antara lain : 1) Kegiatan Pemberian Materi Penggalang, 2) Kegiatan Keagamaan, 3) Kegiatan Upacara dan Apel, 4) Kegiatan Olahraga, 5) Kegiatan teknik ke-Pramukaan.

Kak Septi Setiyawatiningrum, S.Pd. didampingi Bu Ngaidatul Fitriyah, S.Ag selaku Kagudep SMP 2 Kepil memberikan penjelasan bahwa pada dasarnya kegiatan ini bukan perlombaan karena inti DIANPINRU adalah untuk menyamakan persepsi tentang kegiatan Pramuka. Tapi untuk menambah semangat dari tiap gudep dan agar punya oleh-oleh untuk dibawa pulang kagudep maka diadakan lomba pensi (pentas seni) dan jelajah alam. Kegiatan jelajah alam mencakup beberapa pos, pos 1 PBB Dasar Tongkat, pos 2 Pionering, perjalanan menuju pos 3 ada rintangan merangkak di lumpur, dan pos 3 Permainan Regu. Kegiatan Permainan Regu meliputi angkat bola dengan tali, kereta tutup mata dan estafet sarung. Semua permainan regu sangat membutuhkan kerjasama dan leader yang baik serta kecekatan dalam bertindak dan memikirkan strategi yang paling tepat.

Untuk upacara pembukaan dan penutupan petugasnya secara keseluruhan dilakukan oleh siswa siswi SMP Negeri 2 Kepil. Petugas upacara adalah pemimpin upacara Pandunyono, protokol Rahayu Lestari, pembawa teks Pancasila Dita, pembaca Trisatya Tutut, pembaca Dasadarma Danang, pleton putra Uun Prasetyo, pleton putri Revita, penyematan tanda peserta Raiha-Sari, pembawa baki tanda peserta Nina, dirigen Anindia dan doa oleh Alfan. 

Pemenang Kejuaraan                      

Pemenang kejuaran kegiatan Pentas Seni (pensi) adalah;
  1. Juara 1 : SMPN 2 Kepil
  2. Juara 2 : SMPN 1 Kepil
  3. Juara 3 : MTs An Nawawi
Pemenang kejuaraan kegiatan Jelajah Alam (Wide Game) adalah; 
  1. SMP  PGRI
  2. MTs Ar-Risalah
  3. MTs Ma'arif As-Sahro
Ibu Dra. Dyah Nuryani Praptiningsih, MM.Pd. atas nama kepala sekolah tempat penyelenggaraan kegiatan DIANPINRU menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkorban waktu, tenaga dan pikiran untuk suksesnya kegiatan ini. Secara khusus memberikan selamat kepada tim sukses DIANPINRU yang diketuai Ibu Ruti Sumarni, M.Pd. beserta seluruh rekan yang tergabung dalam kepanitiaan DIANPINRU sebagai pengurus dan seksi-seksi. Selamat dan sukses juga beliau sampaikan kepada regu / tim Gugus Depan Pramuka SMPN 2 Kepil atas prestasinya yang terpilih dan menang menjadi juara 1 kategori pentas seni. Semoga prestasi ini bisa dipertahankan, dijaga dan dikembangkan ke jenis yang lain pada tahun-tahun mendatang.   

Secara umum pelaksanaan kegiatan ini berjalan lancar dan sukses. Mulai dari persiapan, pembukaan, acara inti, hingga penutupan semua berjalan lancar tanpa kendala berarti, walau memang ada sedikit masalah dalam hal ketersediaan air untuk digunakan secara bersama-sama dalam jumlah yang cukup besar, hal ini karena kondisi sumber air yang menipis (saat itu belum turun hujan). 



Akhirnya, kami semua berharap semoga dengan penyelenggaraan kegiatan DIANPINRU II Kwarran 02 Kepil Tahun 2017 dapat diperoleh hasil sesuai yang diharapkan antara lain; 1) Persaingan positif, pengalaman, kreatifitas dan pola dalam melakukan sebuah hal yang baru guna meningkatkan keterampilan Pramuka Penggalang, pengembangan kreasi dan ide-ide yang membawa pramuka Penggalang menjadi jauh lebih baik, 2) Tumbuhnya para kader yang sehat yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kreatif, handal, tangguh dan terpercaya yang sanggup membangun pramuka Penggalang, serta 3) Memperkuat tali silaturahmi antar pramuka Penggalang Se-Kwarran 02 Kepil. Sampai berjumpa pada kegiatan sejenis lainnya pada tahun yang akan datang, selamat berkarya, selamat melakukan aktiftas, semoga sukses.

2 komentar:

  1. Majulah pramuka dan majulah pendidikan negeriku.
    Terima kasih bapak-ibu guru dan kakak pembina yang mengenalkan aku pada pendidikan kebersamaan dan melatih mental untuk menjadi makhluk sosial.
    Saya sering lewat sekolah ini, walau terlihat biasa saja namun ternyata banyak isinya, pagi kurang dari jam 07.00 nampak sudah ada kegiatan jabat tangan, semoga bisa menjadi bahan untuk lebih maju lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak ... semoga kegiatan ini menambah khasanah yang bermanfaat bagi semuanya.

      Hapus