text

Selamat Datang di Blog SMP N 2 Kepil Wonosobo ... Sekolah SEJUTA IMPIAN, ... Awali Suksesmu Dari Sini ... Mulailah segala sesuatu dengan BISMILLAH ...

Senin, 07 September 2015

Mengatasi Error 500 - Cara Masuk Server e-PUPNS Yang Sering Gagal Login

Trafik penggunaan jaringan / bandwidth internet naik drastis terutama di sekolah negeri, di kantor pemerintahan dan instansi yang merupakan induk atau tempat bekerja pegawai negeri sipil. Alamat URL https://epupns.bkn.go.id/, inilah alamat website pendataan ulang bagi pegawai negeri sipil yang pada beberapa hari ini menjadi web pavorit dan banyak diakses pengunjung internet.  Sejak tanggal 1 Sepetember 2015 kemarin, Sistem Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PUPNS) Elektronik / e-PUPNS telah dibuka secara online dan resmi oleh BKN. Sejak itu juga mayoritas PNS  mulai mengakses aplikasi epupns bkn. Namun yang tengah terjadi di lapangan adalah adanya beberapa kendala atau masalah yang dihadapi oleh para PNS baik yang terkait koneksi internet dan atau hal teknis lainnya.

Sampai saat ini website tersebut sangat susah untuk diakses dikarenakan sebelumnya menggunakan server lokal yang berbagi dengan website lainnya yang berlangganan dengan penyedia hosting tersebut. Istilah mudahnya karena webnya share hosting, PC lokal yang diakses publik yang jumlahnya ribuan bahkan jutaan. Sisi lain jaringan internetnya yang terbatas, setelah ditelusuri ternyata domain bkn.go.id serta servernya menggunakan jasa shared hosting telkomhosting.com, kalaupun menggunakan paket enterprise maka maksimal bandwidth adalah 50 GB. Itu tentunya tidak cukup dengan sistem berbagi server dengan website lainnya. Dengan asumsi menggunakan 50 GB bandwidth tidak akan cukup menampung 4.5 juta PNS dalam satu waktu. Apalagi bandwitdh itu untuk semua website yang berdomain bkn.go.id.

Banyak kendala yang dihadapi PNS saat memulai pendaftaran PUPNS maupun saat pengisian PUPNS. Dari kesulitan akses PUPNS, hingga gagal mencetak formulir bukti pendaftaran PUPNS. Salah satu yang paling banyak dihadapi adalah muncul Error 500. Salah satu penyebab munculnya Error 500 ini adalah membanjirnya traffic server PUPNS serta kegagalan browser membuka halaman web. Jalan penyelesaian paling mudah khusus untuk error 500 adalah mencoba membersihkan cookies pada peramban web. Cookie yang merupakan file yang dibuat oleh situs web yang dikunjungi, dan cache browser yang membantu laman dimuat lebih cepat, memudahkan Anda menjelajah web.

Sering kali kita merasa kesal, saat akan mengerjakan entri data ternyata website yang akan kita tuju server busy atau server sibuk. Berikut kami tuliskan beberapa jalan alternatif untuk bisa membuka aplikasi epupns dengan mudah dan lancar :
  1. Menggunakan waktu yang dimungkinkan jumlah pengakses server pupns sedikit, misalnya hari libur, tengah malam atau menjelang pagi. Sebagai contoh pada hari Sabtu dimana banyak kantor instansi pemerintah dan SMA/SMK libur karena 5 hari kerja secara otomatis pengguna internet yang mengakses server pupns banyak berkurang, sehingga akses untuk membuka server pupns menjadi lebih mudah.
  2. Menambah / memperbesar paket data internet. Bandwidth - istilah paket data internet ini terkait dengan kecepatan akses dalam membuka laman internet, semakin besar jalur paket data yang digunakan akan semakin mudah dalam proses download dan upload dokumen dari dan ke server yang sedang dibuka.
  3. Membuka jalan khusus, agar bisa mendapat prioritas utama untuk tetap bisa terkoneksi dengan server. Aplikasi ini oleh para teknisi atau ahli IT sering di sebut ping. 
Dari ketiga cara ini lebih disarankan cara pertama, artinya gunakanlah waktu pada malam hari, hari libur atau waktu yang saat web tidak sedang ramai, jadi anda tidak perlu menggunakan cara ini.Namun jika anda tidak memiliki waktu untuk Online malam hari, bisa menggunakan cara ketiga yang sering digunakan oleh para teknisi dan operator jaringan internet. Untuk membuat jalur khusus / prioritas dengan cara membuka aplikasi ping, ada dua cara sebagai berikut :

A. Perintah CMD  (Command prompt) :
  1. Klik Start Menu => ketik cmd => akan membuka prompt c:
  2. Ketikkan : ping pupns.bkn.go.id -t
  3. Enter, maka selanjutnya akan muncul laporan koneksi hubungan antara komputer kita ke IP Addres komputer server
B. Run Menu
  1. Klik Start Menu => Ketik RUN => Buka Run
  2. Ketikkan : Ping puppns.bkn.go.id -t
  3. Klik OK, maka selanjutnya akan muncul laporan koneksi hubungan antara komputer kita ke IP Addres komputer server
  4. Akan muncul seperti gambar dibawah

KETERANGAN
  • Tunggu beberapa menit, tergantung komputer anda.
  • Jika sudah selesai atau masih berjalan, silahkan coba langsung buka situs yang bersangkutan di tab baru.
  • Buka aplikasi pupns dan kerjakan sesuai kebutuhan
  • Selesai

Demikian tulisan terkait dengan trik dan tip untuk bisa melakukan akses internet dengan mudah, terutama untuk menyelasaikan tugas updating data pegawai negeri sipil. Pekerjaan ini updating secara on-line harus dikerjakan dengan cara mengatur waktu yang baik, tidak harus selesai dalam sekali waktu, namun bisa dikerjakan bertahap sesuai dengan kesiapan dokumen dan kesiapan jaringan. Selamat mencoba, selamat beraktifitas dan semoga sukses. <33510>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar