text

Selamat Datang di Blog SMP N 2 Kepil Wonosobo ... Sekolah SEJUTA IMPIAN, ... Awali Suksesmu Dari Sini ... Mulailah segala sesuatu dengan BISMILLAH ...

Selasa, 10 Februari 2015

Mari Berbagi Ilmu, Mari Berbagi Manfaat, Semampu yang Kita Bisa

Tulisan kali ini terinspirasi dari status teman di media sosial FB yang sangat menggugah dan memotivasi untuk bisa berbuat yang lebih baik. Teman kuliah kami yang sekarang sudah menjadi pejabat di Kemenag Kab. Magelang memang dikenal aktif, kreatif, inovatif dan suka berbagi manfaat. Status inspiratif itu berbunyi demikian "Seberapa besar dirimu bermanfaat bagi orang2 disekitarmu, ukurlah dari seberapa sering orang2 senang meminta bantuanmu." Sekilas terasa biasa saja namun sangat menghunjam dalam hati. Benar, kalau kita mau instropeksi diri, kita bisa merasa, menilai dan membaca  diri kita sendiri, seberapakah kita telah memberi manfaat bagi orang lain. Ataukah kita malah sebaliknya tidak (belum) bisa memberi manfaat yang berarti dan banyak membebani orang lain.

Tulisan ini dimaksudkan sebagai pembuka, tentang ajakan untuk menulis dan berbagi kepada mereka-mereka yang membutuhkan. Orang yang suka berbagi, yang mudah memberi, yang ringan untuk membantu akan mempunyai kedudukan yang mulia dan istimewa, siapapun dia (tidak terbatas oleh kaya-miskin, tua-muda, besar-kecil, pandai-biasa saja). Sebaliknya orang yang mahal berbagi, sulit memberi dan berat untuk membantu akan sulit bergaul / bersosial dalam komunitas / masyarakat. Kita -apapun adanya-, pasti memiliki banyak hal / kelebihan, yang dibutuhkan orang lain. Hanya saja, mungkin belum kita terbuka untuk bisa berbagi kepada sesama, atau kita belum sadar manfaat yang bisa kita bagikan, bila kita bisa memberikannya dengan ikhas berbagi.

Beberapa hari yang lalu saya membaca-baca kembali tulisan lama di website sekolah, juga melihat web/blog kami di kamar sebelah  (blog prakarya SMPN 2 Kepil) . Ternyata di luar dugaan, banyak sekali pengunjungnya. Alhamdulillah, senang rasanya bisa berbagi, walau sebenarnya apa yang kami tulis dan kami pasang di sana masih sangat jauh dari kategori baik, apalagi sempurna. Satu hal yang membuat rasa syukur adalah banyaknya komentar positif dan ucapan terima kasih atas sharing / link materi download yang kami sediakan dalam bentuk software siap pakai.

Ada beberapa kategori materi yang kami sediakan di sever internet yang bisa didownload sebagai referensi dalam pembelajaran. Materi-materi tersebut kami pasang di beberapa server, antara lain 4shared.com, mediafier.com, rapidshare, scribd.com dan ziddu.com. Ternyata setelah kami cek di server tersebut jumlah pengunjung yang kemudian mendownload materi yang kami pasang jumlahnya sangat banyak. Materi yang kami sediakan kami bagi dalam beberapa kategori sebagai berikut :
  1. Silabus Prakarya. Pada server 4shared.com, jumlah pengunjung mencapai 4.000 lebih. Beberapa materi kami pasang seadanya dan belum kami sempurnakan, karena keterbatasan waktu.
  2. RPP Prakarya.  Pada server 4shared.com, jumlah pengunjung mencapai 15.000 lebih. Di sini dmikian juga, beberapa RPP kami pasang seadanya dan belum kami sempurnakan, karena keterbatasan waktu dan kemampuan kami.
  3. Media Ajar. Media ini berupa slide power point dan video pembelajaran. Pada server 4shared.com kami baru menyediakan sekitar 8 file, namun jumlah pengujung yang mendownload sudah mencapai 3.000 lebih.
  4. Disamping tiga materi di atas kami juga menyediakan materi lain berupa buku kurikulum 2013, kebijakan pemerintah, permendikbud, pendamping K-13 dan lain-lain.
Menurut Mas Fauzi, untuk menjadikan diri ringan untuk membantu, suka memberi dan mudah berbagi cara / tipnya adalah luruskan niat, kuatkan tekad dan benahi itikad. Jangan menjadi orang suka berhutang budi, jadilah sebaliknya berbuat kebaikan tanpa berharap balas. Demikian, mari kita mencoba untuk berbagi yang kita punya, yang kita bisa. Semoga bermanfaat, selamat beraktifitas (28340).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar