text

Selamat Datang di Blog SMP N 2 Kepil Wonosobo ... Sekolah SEJUTA IMPIAN, ... Awali Suksesmu Dari Sini ... Mulailah segala sesuatu dengan BISMILLAH ...

Senin, 10 Februari 2014

Kelas 7C Pembelajaran Luar Kelas - Observasi Persawahan Lereng Sumbing

Senin 10 Februari 2014 tampak siswa 7C sangat antusias dalam mengikuti mata pelajaran Prakarya yang untuk kali ini bersiap-siap untuk segera menuju tempat pembelajaran luar kelas sesuai yang telah direncanakan sebelumnya.

Setelah upacara bendera, siswa kelas 7 C langsung masuk ruang kelas untuk pembagian kelompok dan pengkodisian menuju tempat lokasi studi lapangan - observasi.
Tempat yang menjadi tujuan lokasi pembelajaran luar kelas adalah di sawah/kebun orang tua dari Yunus Salam(siswa kelas 7C). Sebanyak 22 siswa berjalan menuju kampung Tanon - Tanjung Anom - Kepil - Wonosobo. Mereka berjalan naik turun gunung - lewat kampung Begulon. Sampai di lokasi sekitar jam 10.00 WIB dan diterima di rumah orang tua Yunus Salam. Setelah minum dan makan makanan ringan suguhan dari tuan rumah dan membuang lelah, siswa langsung menuju lokasi sawah yang berjarak +- 1,5 km.

Di sawah, siswa langsung terjun dan memeriksa dan melihat-lihat berbagai tanaman sayuran yang di tanam / di budidayakan oleh petani tujuan observasi. Bermacam tanaman sayur yang dibudidayakan oleh petani orang tua Yunus Salam. Ada terong, kubis, kol, pakcoy/ dll. Setelah dirasa cukup bertanya kepada petani dan memotret tanaman sayuran yang dimaksud, selanjutnya siswa menuju kedung / bendungan untuk sekedar bermain air (ada beberapa siswa laki-laki yang menyempatkan  mandi) sekedar untuk menghibur diri dan membuat fresh tubuh menjadi serasa bugar kembali.

Selanjutnya sekitar jam 11.30 WIB semua siswa kembali ke rumah orang tua Yunus Salam untuk berpamitan pulang. Sebleum pulang siswa disuguhi minum dan makan siang dengan menu nasi jagung dan nasi putih, sayur terong dan daun pepaya, lauk bakwan dan ikan asin serta sambal mentah yang cukup membangkitkan selera makan pada kondisi capek dan letih.

Terima kasih yang tak terkira kami sampaikan kepada orangtua dari Yunus Salam atas kerjasamanya dan segala bantuan serta suguhan yang telah diberikan kepada kami. Terima kasih juga kepada seluruh siswa kelas 7 C atas antusias dan semangatnya telah mensukseskan acara belajar Prakarya diluar kelas ini. Semoga ini menjadi pengalaman berharga dan memberi manfaat untuk semuanya.


1 komentar: