text

Selamat Datang di Blog SMP N 2 Kepil Wonosobo ... Sekolah SEJUTA IMPIAN, ... Awali Suksesmu Dari Sini ... Mulailah segala sesuatu dengan BISMILLAH ...

Jumat, 16 Desember 2011

Pelatihan ICT Guru - Karyawan SMPN 2 Kepil (1)

Jum'at, 16 Desember 2011 tampak banyak guru dan karyawan menenteng Laptop, Netbook dengan beragam ukuran dan merk. Tampak wajah berbinar dan semangat bercampur penasaran bercampur rasa lain yang tak dapat diterka.

Jumat pagi, wali kelas membagikan rapot kepada siswa kelas 7 dan 8 yang diterimakan langsung kepada siswa. Adapun kelas 9 rapot dibagikan kepada orang tua / wali murid, setelah sebelumnya dikumpulkan dengan diberikan sambutan dan pengarahan dari kepala sekolah, terkait berbagai program yang akan dilaksanakan kelas 9 menjelang ujian nasional.

Setelah pembagian rapot selesai, para guru langsung memasuki ruang laboratorium komputer SMPN 2 Kepil dengan agenda PELATIHAN ICT. Sesion I dilaksanakan dari jam 09.00 sampai menjelang sholat Jum'at diberikan materi Microsoft Word (dasar), bagi yang merasa kurang dalam penguasaan program pengolah kata ini. Ternyata, memang beragam sekali namun pada dasarnya sudah bagus, tinggal penambahan dan pendalaman untuk aplikasi tertentu agar lebih mantab. Beberapa hal mendasar masih perlu sering dicoba untuk bisa lebih menguasai, karena sesungguhnya program ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan otomatisasi yang sangat berguna untuk membuat administrasi dan kelengkapan seorang guru-karyawan.

Sesion II, dilaksanakan setelah sholat Jum'at dengan materi Microsoft Excel. Materi ini juga banyak hal baru yang dirasakan oleh para guru-karyawan. Hal ini dirasa perlu karena banyak kegunaan dari program pegolah angka ini untuk mengolah dan mengelola nilai dan administrasi pengajaran. Terutama yang terkait dengan rumus/formula untuk menghitung angka/nilai, meliputi jumlah, rata-rata, prosentase, fungsi IF (logika), peringkat/rangking dan sort data yang kesemuanya dapat dilakukan secara otomatis pada Microsoft Excel. Perlu pendalaman lebih lanjut untuk bisa menguasai materi ini, karena pada dasarnya penguasaan sangat tergantung dengan lama waktu interaksi dan terkait dengan jam terbang, artinya semakin sering menggunakan maka akan semakin tahu kekurangan untuk belajar lebih lanjut.

Pelatihan ini bersifat intern dengan pola belajar bersama, dibimbing instruktur Bapak Maryanto, S.Kom (guru TIK), atas penunjukan langsung dari panitia dan pimpinan sekolah. Semoga manfaat dan bisa menambah wawasan untuk lebih siap menggunakan teknologi ICT.
Agenda selanjutnya, Pelatihan ICT dengan materi INTERNET, yang akan dijadwalkan dilaksanakan hari Sabtu, 17 Desember 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar