text

Selamat Datang di Blog SMP N 2 Kepil Wonosobo ... Sekolah SEJUTA IMPIAN, ... Awali Suksesmu Dari Sini ... Mulailah segala sesuatu dengan BISMILLAH ...

Sabtu, 08 Juni 2024

Pengumuman Kelulusan 2024, SMPN 2 Kepil Menggunakan Aplikasi Berbasis Web

Saat yang ditunggu-tunggu oleh semua siswa kelas IX SMP/MTs di seluruh nusantara akan segera tiba. Sesuai jadwal yang direncanakan oleh pemerintah, pengumuman kelulusan bagi siswa-siswa SMP/MTs baik Negeri maupun swasta akan diumumkan secara serentak pada hari Senin tanggal 10 Juni 2024. Hari itu menjadi hari yang ditunggu-tunggu dengan penuh harap, pasti yang diharapkan LULUS, iya kan. Namun demikian tidak menutup kemungkinan ada yang harus menerima jika karena satu dan lain siswa yang bersangkutan TERPAKSA dinyatakan TIDAK LULUS. 

Terkait dengan cara, model dan sistem yang digunakan dalam penyampaian pengumuman kelulusan sifatnya tidak mengikat dan sangat mungkin berbeda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya. Hal ini sangat dipengaruhi dan bergantung kepada kebijakan dari pemerintah setempat. Merujuk kebijakan itu, maka jajaran manajemen SMPN 2 Kepil juga sepakat dan berencana melaksanakannya sesuai anjuran dari pemerintah daerah (Dinas Pendidikan, Pemuda,dan Olahraga) yang mengharuskan  pengumuman kelulusan dilakukan secara online. Salah satu alasan yang logis dan mulia, yaitu untuk mengurangi kerumunan siswa dan orangtua, yang bisa berlanjut pada aksi corat-coret dan konvoi kendaraan di jalan raya yang berdampak pada kemacetan dan kerawanan sosial. 

Menyikapi hal itu, maka pihak manajemen SMPN 2 Kepil menindaklanjuti dengan mempersiapkan sistem, teknologi, cara dan pelaksanaannya. Jika beberapa tahun terakhir pengumuman kelulusan yang juga dilakukan secara online dan dilaksanakan dengan menggunakan sistem online berbasis aplikasi WA Autorespon, maka untuk tahun 2024 ini akan mencoba menggunakan pola baru yang sedikit berbeda. Nah, pola yang digunakan adalah menggunakan aplikasi berbasis web, mengadopsi pola yang digunakan perguruan tinggi pada pengumuman hasil SNBT / SBMPTN. Pengumuman diseting otomatis, baru bisa dibuka/dilihat pada hari dan jam yang sudah ditentukan. Adapun ketika web dibuka sebelum waktunya maka yang akan muncul di layar web adalah penghitung waktu mundur menuju hari H, dalam hitungan hari, jam, menit dan detik. 

Perangkat, Alamat Web dan Tatacara.

  • Anak-anak atau orangtua siswa dapat membuka pengumuman kelulusan menggunakan HP Android, Komputer atau Laptop yang terhubung ke internet.
  • Alamat situs/web untuk membuka pengumuman kelulusan SMPN 2 Kepil adalah (bisa ditulis atau klik saja link ini) >>> https://sites.google.com/view/lulus-smp2kepil-2024/
  • Sebelum jam yang ditentukan, maka akan muncul hitung waktu mundur menuju tanggal 10 Juni 2024 Jam 13.00.
  • Jika waktu sudah tepat atau lewat dari jam 13.00 maka akan terbuka halaman dengan tampilan menu Login, siapkan data kalian yang berupa NIS dan NISN, hapalkan atau minimal membawa catatan.
  • Pada tab Username masukkan kode NIS yang berupa angka 4 digit, dan pada tab Password masukkan kode NISN yang berupa angka 10 digit, kemudian klik Login.
  • Jika angka/kode yang dimasukkan tidak sesuai akan peringatan Password salah, lakukan kembali masukkan kode angka yang NIS dan NISN yang benar.
  • Jika semua angka yang dimasukkan benar, maka di layar web akan langsung muncul identitas data diri siswa peserta ujian dilengkapi foto, dengan status LULUS atau TIDAK LULUS. Dibagian atas keterangan STATUS, kemudian akan muncul LINK Download SKL (Surat Keterangan Lulus).
  • Layar web yang menunjukkan hasil kelulusan selanjutnya dapat difoto atau discreenshot (tangkapan layar) untuk disimpan atau dibagikan di status / story media sosial.
Demikian yang dapat kami sampaikan, sedikit paparan, gambaran dan penjelasan teknis terkait sistem dan teknis pengumuman kelulusan di SMPN 2 Kepil di tahun 2024. Tak lupa atas nama sekolah kami mengucapkan SELAMAT dan SUKSES kepada semua siswa kelas IX dan juga orangtua/wali murid atas kesuksesan dan kelulusan dari SMPN 2 Kepil. Selanjutnya kami berharap dan meghimbau kepada siswa yang LULUS untuk bisa melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Selamat menunggu kelulusan dengan penuh harap, penuh doa dan penuh kebahagiaan, semoga diberikan hasil yang terbaik.

1 komentar:

  1. Siip dah semangat mengembangkan diri demi kemajuan sekolah

    BalasHapus