Tahun 2005 saya diberi tugas oleh kepala sekolah untuk membuat konsep dan desain site plant sekolah SMK Maarif ke depan, tugas itu bertajuk Desain Site Plant Maarif Tahun 2010. Konsep site plant itu berupa bangunan yang terintegrasi, bangunan berlantai dua yang lengkap dan futuristik mulai dari ruang kantor tata usaha, ruang tamu dan ruang kepala, 1 ruang guru, 15 ruang kelas, 2 lab komputer, 1 aula besar, 3 bengkel permesinan lengkap dengan tata letak mesin dan kelengkapannya, ruang security hingga lapangan tenis indoor. Alhamdulilah, setelah sekitar 2-3 minggu akhirnya desain itu terwujud secara sederhana dengan menggunakan program Autocad 2000, dengan komputer “jangkrik” yang berbasis sistem operasi Windows 98. Saat itu belum ada aplikasi grafis 3 dimensi seperti yang marak saat ini semisal 3D Max, Revit Architecture, Archicad, Tekla, Rhinoceros atau Google SketchUp. Tidak banyak, bahkan masih sangat jarang (asing) orang yang mampu dan menguasai program Autocad 2000 yang membutuhkan imajinasi geometri, perhitungan dimensi dan berbagai bentuk tampilan proyeksi, karena memang belum lazim digunakan serta berbagai keterbatasan teknis lainnya. .
Gambar desain site plant yang kami kerjakan tersebut dapat dilihat secara 3 dimensi, dapat dilihat per bagian, per ruang, per tingkat/lantai bahkan dapat dilihat secara "peritilan", artinya dapat dilepas perbagian dan dapat dirangkai kembali. Pada perjalanan berikutnya desain itu lalu dijadikan acuan pembangunan gedung dan sarana prasarana kampus stemakid yang dapat dilihat seperti sekarang ini. Pada akhir tahun 2006, desain site plant tersebut dipamerkan oleh kepala sekolah kepada direktorat SMK yang waktu itu menyempatkan diri berkunjung ke kampus stemakid. Sungguh tak terbayangkan sebelumnya bahwa desain itu akan dilihat pejabat direktorat, bahkan kemudian mendapat respon positif dengan akan digulirkannya bantuan untuk realisasi rencana pembangunan gedung tersebut. Saat bersamaan juga disaksikan oleh beberapa pejabat dinas pendidikan Kab. Magelang, dan salah satu dari mereka menyatakan bahwa pada desain site plant tersebut adalah satu-satunya desain sekolah dengan tampilan 3 dimensi yang ada di kabupaten Magelang. Alhamdulillah, semua yang terjadi adalah karunia Alloh semata dan merupakan berkah yang tiada terkira.
Kepala sekolah yang visioner dan piawai dalam komunikasi adalah salah satu keunggulan sekolah kami. Tidak berselang lama, maka tahun berikutnya (2006) sekolah kami mendapat undangan ke Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Jakarta (Dikmenjur, sekarang berubah menjadi Direktorat Pembinaan SMK). Maka kemudian kami bertiga (kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan diri saya) berangkat ke Direktorat Jakarta untuk presentasi best practice dan rencana ke depan. Untuk kepentingan ini saya kembali ditugasi untuk membuat profil dan bahan tayang yang mengusung tema “Berani Tampil Beda”, yang kemudian kami presentasikan di depan pejabat dewan penilai di Direktorat Jakarta. Terus terang sebenarnya saat itu saya merasa pesimis dengan apa yang kami miliki, dengan apa yang kami buat dan kami presentasikan, apalagi jika dibanding dengan 30-an sekolah lain se Indonesia yang melakukan presentasi pada hari yang sama.
Apa yang terjadi kemudian sungguh di luar bayangan saya yang sama sekali tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Beberapa bulan kemudian SMK ini dinyatakan layak dan ditunjuk menjadi sekolah penerima paket Program Jardiknas yang berarti menjadi pusat pengembangan IT (ICT Center) di Kabupaten Magelang dalam program Jaringan Pendidikan Nasional (Jardiknas). Dampak berikutnya, saya ditunjuk menjadi koordinator ICT Center Kab. Magelang, dan konskuensinya harus wira-wiri di wilayah Jawa Tengah, hingga forum yang berskala nasional di Malang Jawa Timur. Tahun berikutnya saya harus siap ditunjuk untuk bertugas menjadi Ketua Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ), hal ini karena sekolah membuka jurusan baru, sementara belum ada guru yang spesialis bergelar sarjana komputer. Bak pepatah tiada rotan akar pun jadi, maka saya yang tidak memiliki latar belakang pendidikan jurusan komputer dengan segala apa adanya siap tidak siap - mau tidak mau harus menjalani.
Sejak saat itu perkembangan SMK Maarif Kota Mungkid maju pesat dan semakin dikenal luas. Terlebih lagi sebagai ICT Center diberi kewenangan mengelola/mengendalikan jaringan internet dari program jardiknas, membagi koneksi internet serta menyalurkan ke sekolah-sekolah dan kantor pemerintah yang menjadi klien. Konskuensi berikutnya sebagai ICT Center berperan dan bertugas mengadakan pelatihan pemanfaatan ICT bagi sekolah-sekolah di wilayah Kab. Magelang. Maka mulai tahun 2007 secara marathon kami mengadakan pelatihan ICT bagi guru, pustakawan, dan TU dari beberapa sekolah SD, SMP dan SMU. Beberapa sekolah bahkan "bedol sekolah" selama satu minggu membawa seluruh guru dan karyawan untuk belajar pemanfaatan ICT ke sekolah kami. Kami dibantu beberapa teman kami dipaksa keadaan untuk menjadi nara sumber dan memberikan pelatihan ICT bagi sekian jumlah guru, pustakwan dan TU.
Inilah episode perjalanan manusia yang ternyata bisa terjadi di luar nalar dan di luar bayangan. Saat ini, ketiga orang pernah meretas jalan ke Direktorat Jakarta sudah tidak aktif lagi di sekolah ini. Kepala sekolah saat itu (Bapak Drs Sugeng Riyadi, M.S.T) sekarang sudah menjadi pejabat di Disdikpora Kab. Magelang sebagai kepala bagian ketenagaan, adapun wakil kepala sekolah saat itu (Ibu Mustikawati, S.Pd) sekarang bertugas menjadi guru senior (PNS) di SMKN Windusari Magelang, dan saya (Pak Mar) hijrah menjadi guru yunior di SMPN 2 Kepil Wonosobo. Satu pesan kepala sekolah saat itu adalah "Bekerja ikhlas sajalah, maka yang berikutnya adalah kewenangan sing ngecet lombok", yang tidak pernah tidur dan selalu membalas setiap kebaikan dengan kebaikan yang lebih banyak.
SMK Maarif Kota Mungkid yang beralamat di jalan Mayor Unus Kota Mungkid, Desa Deyangan Kec. Mertoyudan saat ini telah menjadi sekolah besar dan cukup bergengsi. Jumlah murid hampir mencapai 900 siswa yang tersebar dalam 24 kelas adalah jumlah yang besar untuk sekolah swasta di wilayah pedesaan. Pada saat PSB sementara sekolah swasta lain sibuk mencari murid baru, sekolah ini bisa memilih calon murid baru, dan sebagian lainnya terpaksa ditolak karena kuota sudah terpenuhi. Bangunan gedung yang megah, kelengkapan peralatan praktik dan bengkel yang memadai adalah salah satu daya tarik sekolah ini. Data terakhir di tahun ajaran 2015/2016 membuka jurusan baru dengan struktrur kelas sebagai berikut :
- Kelas 10 terdiri lima jurusan ; TKI (1), TKR (2), TSM (1), TKJ (3) dan TPM (4)
- Kelas 11 terdiri tiga jurusan ; TKR (1), TKJ (2) dan TPM (4)
- Kelas 12 terdiri dua jurusan ; TKJ (2) dan TPM (4)
Benang merah yang ingin saya tarik sebagai kesimpulan dan untuk selanjutnya dapat diterapkan di setiap sekolah lainnya – terutama sekolah kami saat ini (SMPN 2 Kepil) adalah sebagai berikut :
- Jangan remehkan visi. Sekolah yang mayoritas guru-stafnya yang visioner sangat berpeluang untuk menjadi sekolah maju dan besar. Mereka fokus pada kemajuan sekolah dan berorientasi pada layanan prima (kepuasan siswa) salah satu bentuk pribadi yang visioner.
- Jangan takut menjadi pioner, tidak ada ruginya menjadi pendahulu. Memang resikonya adalah ribet dan harus banyak mencoba, namun ilmu dan pengalaman yang diperoleh adalah sesuatu yang sangat mahal harganya bagi sebuah kesuksesan. Menjemput Sukses adalah prinsip yang lebih tepat dari pada menunggu sukses. Inilah yang terjadi dengan SMPN 2 Kepil sebagai pilot project K-13, banyak hal baru yang dilakukan, banyak kesulitan yang dialami, namun demikian banyak manfaat yang diperoleh dan menjadikan sekolah ini
- Jangan takut berbeda, karena sejatinya kita memang tidak sama. Yang sama itu sudah biasa, yang baru dan berbeda itu yang luar biasa. Di sinilah kata INOVASI ditekankan, betapa peradaban bertambah maju karena adanya inovasi, kita menikmati berbagai kemudahan di berbagai bidang karena proses inovasi. Oleh karena itu sebagai guru yang berperan sebagai fasilitator dalam proses transfer ilmu dan keteladanan, maka inovasi sangat diperlukan untuk membuat situasi pembelajaran menjadi lebih aktual dan menarik. Demikian selanjutnya maka hasilnya akan lebih terasa dampaknya pada peserta didik. Inovasi sebuah keniscayaan yang harus kita upayakan masing-masing diri dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan kita, tentu saja bertahap sedikit demi sedikit mengikuti tahapan yang kita mampu dan yang kita bisa.
- Jangan lupakan niat untuk ikhlas dan tulus dalam pekerjaan. Memang berat dan bukan perkara mudah untuk memiliki pribadi yang hebat ini, namun sebenarnya mudah bila memahami hakekat dan tujuan dalam bekerja. Hiduplah untuk memberi sebanyak-banyaknya ; bukan untuk menerima sebanyak-banyaknya. (Laskar Pelangi : Andrea Hirata). Prinsip berkarya yang tulus dan ikhlas, tanpa menghitung untung berapa, berapa kali hadir dan berapa besar honor. Bagi merekan yang suka itung-itungan maka berat untuk menerima falsafah adiluhung ini, karena lebih suka yang instan dan hasilnya langsung dan nyata.
Demikian tulisan Oase-7 ini, semoga panjangnya tulisan ini tidak membuat pembaca bosan dan jengah untuk bisa mengambil makna utamanya. Di luar sana sangat banyak pengalaman dan hkmah yang belum kita ketahui karena kedangkalan pengetahuan kita, atau kerendah-hatian mereka yang pandai menyimpan selaksa kehebatan. Jangan terlalu risau dengan komentar dan pendapat orang lain, karena betapapun baik yang Anda lakukan untuk orang lain, akan selalu ada orang yang mencela, tetaplah upayakan yang terbaik. Tulisan atas dasar pengalaman yang kami bagikan ini mungkin kecil dan tidak berarti, namun kami berharap semoga bisa memberikan penguatan motivasi dan inspirasi untuk bisa meraih kemajuan dan kesuksesan bersama. Siapkan diri untuk menjadi pionir di bidang kita masing-masing demi kemajuan pendidikan. Selamat beraktifitas, semoga sukses. <39455>