Selasa, 28 Juli 2020

Perpisahan Dengan Pak Eko Sutomas Yang Memasuki Masa Pensiun

Hari ini, Selasa 28 Juli 2020 adalah hari bahagia tetapi sekaligus sedih. Bahagia karena semua guru dan karyawan bisa berkumpul dalam acara pertemuan resmi sekolah. Sedih karena pada acara itu sekaligus ada acara perpisahan dengan salah satu guru terbaik yang juga menjadi suluh dan sosok teladan di SMPN 2 Kepil.

Yah, pagi ini ada acara perpisahan dengan Pak Eko Sutomas, S.Pd. yang sudah memasuki masa pensiun (purna tugas). Dalam kata sambutannya Pak Eko menyampaikan bahwa dalam 12 tahun pengabdiannya merasa banyak kekurangan.  Pak Eko juga menyampaikan bahwa dirinya banyak merepotkan teman-teman, semenjak hari pertama bertugas 8 Januari 2008 - hingga akhir Juni 2020, dengan berbagai hal terkait diri dan keluarganya. Pak Eko menyampaikan bahwa selama ini dirinya yang tidak banyak berperan dengan kata-kata "keberadaan saya hanyalah laksana pengganjal meja", itu adalah bentuk dari kerendahan hati yang luar biasa. Ungkapan itu seakan meniadakan peran beliau selama ini yang sebenarnya sangat besar, dengan kearifan dan kebijaksanaannya yang menjadi pelajaran bagi semua guru, khususnya yang muda.

Sementara itu Bapak Hadi Wiyono, SH, M.Pd. selaku kepala SMPN 2 Kepil dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas segala pengabdian yang dicurahkan selama ini. Banyak hal yang dicontohkan oleh Pak Eko selaku guru BK dalam menyelesaikan berbagai masalah dengan baik tanpa keributan dan tidak menimbulkan masalah baru, persis sama dengan  slogan Pegadaian "Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah". Salah satu kata hikmah yang bisa disematkan dari sosok Pak Eko untuk diambil sebagai teladan adalah bahwa untuk kebaikan dan keutamaan kita harus bisa mengalah. Ada saatnya kita harus mengalah bukan berarti kalah, ada saatnya kita menyingkir bukan berarti tersingkir. Inilah yang harus kita petik sebagai pelajaran, bahwa untuk kebaikan yang lebih banyak, maka dibutuhkan sikap kedewasaan, kearifan dan kebijaksanaan.

Kata sambutan juga diberikan oleh Pak Ismain dan Pak Satiyun sebagai guru dan pejabat pembantu pimpinan yang intinya memberikan ucapan selamat jalan dan ucapan terima kasih atas pengabdian selama ini. Sambutan dan kata perpisahan juga diberikan oleh perwakilan siswa yang disampaikan oleh ketua OSIS SMPN 2 Kepil dan persembahan puisi oleh Ananda Pita,  salah satu siswa terbaik yang saat ini sudah lulus dan sekolah di SMAN 1 Salaman.

Selamat menikmati masa purna tugas Pak Eko, kami semua mengucakan terima kasih atas semua kebaikan, pelajaran, ilmu, motivasi dan inspirasi selama ini. Semoga senantiasa dikaruniakan kesehatan dan kebahagian bersama keluarga tercinta.

4 komentar:

  1. Selamat mmenjalani pengabdian lain di masyarakat Bpk Eko S.Smg sehat sll... Aamiiin.

    BalasHapus
  2. Terima kasih "Pakde Eko" , panggilan akrab untuk beliau di spero, atas semua teladan baik dari tutur kata maupun sikap yang selalu rendah hati, ngemong dan dekat dengan siapapun.
    Selamat menjalani masa purna dengan keluarga dengan bahagia. Semoga ALLOH selalu melindungi Pakde Eko sekeluarga. Dan semoga selalu terjalin tali silaturahim Pakde Eko dengan keluarga spero. 🙏

    BalasHapus
  3. Selamat jala Pak Eko. Terima kasih "Pak Eko" , panggilan akrab untuk beliau di spero, atas semua teladan baik dari tutur kata maupun sikap yang selalu rendah hati, ngemong dan dekat dengan siapapun.
    Selamat menjalani masa purna dengan keluarga semoga selalu sehat dan bahagia. Semoga ALLOH selalu melindungi Pak Eko sekeluarga. Dan semoga selalu menjalin tali silaturahim Pak Eko dengan keluarga spero.

    BalasHapus
  4. Trima kasih pak EKO telah membimbing kami di sekolah dengan ilmu pak EKO yang sangat luar biasa ,semoga pak EKO slalu bahagia dan dilindugi oleh ALLOH.selamat menjalani masa purna dan melewati hari hari bersama keluarga

    BalasHapus