Guru akan menjadi faktor penentu dalam
keberhasilan pendekatan ilmuan pada implementasi kurikulum 2013. Oleh karena
itu upaya untuk meningkatkan terus kompetensi guru agar mampu menjadi ilmuwan
dengan sikap ilmiah menjadi hal yang amat mendesak dalam konteks implementasi
kurikulum 2013.
Implikasi dari semua
itu, diperlukan upaya pengembangan profesi berkelanjutan agar para Guru dapat
mengembangkan kemamuannya terkait dengan hal-hal berikut : Pertama, kompetensi
guru dalam pemahaman substansi bahan ajar/keilmuan (baca: kompetensi
Profesional), yang mencakup penguasaan bidang ilmu yang diajarkan. Kedua,
meningkatkan kemampuan dalam pengembangan pembelajaran (Kompetensi Pedagigik)
melalui metode serta cara yang tepat dalam mengkonstruksi ilmu, dengan skill
yang membawa pada suasana ilmiah dan curiosity siswa yang dapat meningkat. Dan
keberhasilan semua itu perlu dilandasi dengan kepribadian yang edukatif serta
kemampuan social yang terus dikembangkan, sehingga pembentukan jejaring baik
internal maupun eksternal dapat berkembang semakinkuat. Dan semua itu hanya
bias terjadi apabila guru terus bertumbuh menjadi manusia pembelajar karena
guru itu adalah Learning Prefesion, dan untuk itu sekolah pembelajar menjadi
naungan organisasi yang kondusif bagi terwujudnya hal tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar